Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Anak Terus di Rumah Tapi Masih Bisa Tertular COVID-19
2 Months, 2 Weeks ago

Anak Terus di Rumah Tapi Masih Bisa Tertular COVID-19

Satu keluarga di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat yang terdiri dari ibu dan dua orang anaknya terkonfirmasi positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi di rumah sakit. Kakak beradik yang masih berusia 8 dan 4 tahun ini tertular orangtuanya.



Kasus ini menjadi bukti anak-anak rentan tertular COVID-19. Meski mobilitas mereka terbatas, penularan justru terjadi akibat interaksi dengan orang-orang terdekat.



Selama ini data anak-anak yang positif COVID-19 tidak pernah dibuka pemerintah. Ikatan Dokter Anak Indonesia akhirnya menghimpun data secara mandiri. Hasilnya, hingga 18 Mei 2020 sebanyak 129 anak berstatus PDP meninggal dunia dari total 3.324 anak berstatus PDP. Sementara 584 anak terkonfirmasi positif virus Corona di mana 14 di antaranya meninggal dunia.



″Pasien anak yang positif memang betul dia di rumah, bahkan ada yang masih usia 9 bulan. Tidak mungkin dia pergi sendiri. Tapi kontaknya ternyata dari orang tuanya yang masih bekerja, masih ke pasar, setelah dilacak ternyata orang tuanya juga positif. Atau anaknya di rumah tapi keluarganya datang, cium-cium, bermain sama saudara-saudara dari beda rumah, dan akhirnya terpapar juga. Janganlah kita meremehkan bawa anak itu relatif kebal. Dia tetap berisiko kena, tetap berisiko sakit,″ jelas dokter spesialis anak, dr. Martinus M. Leman.