Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Facebook Siap Masuk ke Bisnis e-Commerce
6 Days, 19 Hours ago

Facebook Siap Masuk ke Bisnis e-Commerce

Selasa (19/5), Facebook mengatakan bahwa pengguna nantinya dapat berbelanja tanpa meninggalkan jejaring sosial dengan mengunjungi halaman Facebook bisnis atau profil Instagram. Ini adalah sebuah langkah yang muncul ketika lebih banyak orang beralih ke e-commerce karena pandemi.



Di masa depan, pengguna juga akan dapat berbelanja melalui layanan messaging, termasuk Messenger, WhatsApp , dan Instagram Direct.

Bermaksud menantang raksasa teknologi seperti Amazon, Facebook mendorong aktivitas e-commerce dengan merilis tools yang disebut Shops. Membantu bisnis kecil bisa menguntungkan Facebook karena perusahaan akan menghasilkan uang melalui iklan.



Facebook sebenarnya sudah menawarkan berbagai cara bagi bisnis untuk menjual produk mereka melalui iklan atau di halaman mereka. Facebook memiliki fitur yang disebut Marketplace yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual barang-barang baru dan bekas. Instagram, yang juga dimiliki oleh Facebook, memiliki fitur yang disebut Checkout, yang memungkinkan Anda membeli barang-barang yang ditampilkan dalam sebuah posting.

Namun dengan Facebook Shops, pelaku bisnis dapat membuat satu toko online yang muncul di seluruh aplikasi yang dimiliki Facebook. Pemilik toko dapat menyesuaikan tampilan toko online mereka dengan mengubah gambar sampul dan warna yang berbeda. Pengguna dapat mengirim pesan bisnis melalui WhatsApp, Instagram Direct atau Messenger untuk mengajukan pertanyaan atau melacak pesanan mereka. Pengguna juga akan dapat menemukan toko melalui iklan atau IG Stories.



Pengguna yang mengunjungi Facebook Shop dapat membeli langsung dari penjualnya di situs web mereka atau bisa langsung di Facebook atau Instagram jika pemilik toko telah mengaktifkan fitur Facebook Pay atau Checkout.

Facebook akan meluncurkan fitur Shops-nya hari ini dan akan tersedia lebih luas dalam beberapa bulan mendatang.