Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Bukan Action Figure, Tapi Kue
1 Month, 4 Weeks ago

Bukan Action Figure, Tapi Kue

Melihat gambar di atas, jangan salah mengira itu adalah gambar dari sebuah action figure atau boneka. Bukan, itu adalah kreasi pahatan yang dibuat dari fondant. Fondant sering disebut dengan pasta gula (sugar paste). Fondant adalah bahan dekorasi kue yang mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen pada cake seperti pita, renda, bunga atau figur.

Jika berbicara tentang modeling fondant, ada seorang seniman makanan asal China yang dijuluki Sugar King atau yang bernama asli Zhou Yi. Hasil kreasi fondant-nya sangat menakjubkan sehingga sayang untuk dimakan.

zhou



Dalam sebuah kompetisi kue internasional pada 2018, di mana ia dan timnya berhasil memenangkan tiga medali emas dan satu perunggu, dengan kue yang yang menampilkan patung fondant kaisar Wu Zetian, satu-satunya penguasa perempuan dalam sejarah Cina. Kreasinya begitu rinci sampai-sampai jurinya saat itu bisa menghitung bulu mata pada patungnya.

Zhou Yi mengklaim dia tidak begitu pandai saat masih sekolah, sehingga guru tidak begitu suka dengan dia. Tapi hanya karena ia tidak pandai, tidak berarti ia tidak bisa menemukan karier. Dia mulai belajar seni membuat figur dari adonan di bawah asuhan Wang Long, dan menemukan bahwa dia benar-benar punya bakat membuat patung-patung dari adonan.



Sebagai seorang pemuda, Zhou Yi bosan menciptakan patung-patung adonan tradisional yang sama, ia ingin melakukan sesuatu yang baru. Fondant memungkinkan dia untuk melakukan hal itu. Sekitar satu dekade lalu, Zhou Yi tiba di Suzhou dan menemukan fondant yang jauh lebih baik, cocok untuk pemodelan menjadi patung-patung yang rumit. Namun, butuh banyak percobaan untuk mendapatkan bahan yang tepat. Tapi akhirnya semua terbayar.

kue



Terobosan besar datang ketika Zhou berhasil membentuk fondant menjadi lembaran halus setipis kertas, yang dapat digunakan untuk membuat pakaian modelnya, rambut dan rincian detail lainnya. Ia membuka toko sendiri, mulai posting hasil karyanya di online, dan akhirnya menjadi terkenal di Cina. Sekarang, ia tidak hanya dianggap sebagai salah satu seniman paling berbakat di negara asalnya, tetapi di seluruh dunia.

Untuk mewariskan seni ia pelajari dari Wang Long dan yang ia pelajari sendiri, Zhou kini telah membuka sekolah seni fondant.