Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Penyebab Muncul Jerawat di Dagu
1 Month, 4 Weeks ago

Penyebab Muncul Jerawat di Dagu

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tak hanya di wajah tapi bisa juga di dagu. Munculnya jerawat di bagian dagu tentu akan mengurangi rasa percaya diri, karena mengganggu penampilan.



Dilansir Wolipop, berbagai hal bisa memicu munculnya jerawat di dagu, berikut di antaranya:

1. Perubahan Hormon
Umumnya jerawat bisa muncul di wajah karena adanya peningkatan jumlah hormon yang akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebih. Hal tersebut menyebabkan pori-pori di wajah menjadi tersumbat lalu muncul jerawat.



Pada perempuan, biasanya hormon androgen meningkat saat memasuki masa pubertas dan menjelang menstruasi. Androgen adalah hormon yang bertugas menciptakan sebum atau minyak.

2. Malas Mencuci Wajah
Penyebab lain yang sering menimbulkan jerawat ialah malas membersihkan dan mencuci wajah. Kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga membuat pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran.



3. Rambut yang Tumbuh ke Dalam
Kebiasaan mencukur jenggot yang dilakukan laki-laki dapat membuat rambut di sekitar dagu tumbuh ke dalam kulit. Hal tersebut akan menimbulkan benjol seperti jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang sudah muncul di dagu bisa melakukan perawatan seperti mengoleskan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat secukupnya. Kemudian, hindari memegang atau memencet jerawat agar tidak bertambah parah dan tidak meninggalkan bekas. Selain itu, kompres es dengan kain bersih ke area berjerawat selama 5 menit untuk mengurangi kemerahan. Terakhir, cuci wajah secara rutin.