Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Penjara Komunis Terseram di Vietnam
2 Weeks, 3 Days ago

Penjara Komunis Terseram di Vietnam

Vietnam tak hanya Halong Bay yang indah. Ada juga sebuah penjara bernama Phu Quoc dibuka sebagai salah satu tempat wisata yang seram. Penjara ini aslinya adalah penjara untuk menahan para tentara komunis.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Phu Quoc adalah penjara komunis yang dibangun oleh penjajah Prancis di Vietnam. Penjara ini dibangun pada tahun 1993.

Seperti Nusa Kambangan, penjara ini juga berada di sebuah pulau bernama Phu Quoc. Penjara ini dikhususkan untuk menahan orang-orang Vietnam atau disebut Coconut Tree Prison.



Pada tahun 1967, pemerintahan Saigon membangun kembali penjara ini dengan luas 4 km persegi. Kemudian tempat ini dijadikan sebagai penjara perang untuk menahan para tentara komunis.

penjara vietnam
Foto: theculturetrip.com

Yang membuat penjara ini terkenal adalah hukuman yang diberikan untuk tawanan. Tahanan bukan cuma dipukuli, mereka menerima siksaan yang sangat kejam. Siksaannya dibuat buta dengan cahaya, dimasukkan dalam karung dan dibakar hidup-hidup, dikurung dalam kandang berduri, sampai memasukkan tongkat ke dalam tenggorokan. Semakin sering tahanan mencoba kabur, siksaannya semakin berat dan berujung kematian.



Penjara ini menampung lebih dari 32.000 tahanan. Saat-saat tertentu, tahanan akan bertambah menjadi 40.000.

Dengan tempat yang sempit dan siksaan berat, ada banyak tahanan yang meninggal di penjara ini. Angka kematiannya sampai ribuan.

penjara vietnam
Foto: theculturetrip.com



Karena letaknya yang berada pulau, penjara Phu Quoc memiliki pemandangan pantai yang indah. Namun para napi tidak dapat merasakannya. Penjara ini dijaga dengan sangat ketat. Untuk 2 orang tahanan saja dijaga oleh satu aparat. Ada lebih dari 4.000 aparat yang menyebar di sekitar pantai dan udara.

Meski penjara ini memiliki siksaan yang sadis namun tak sedikit narapidana yang keluar dari penjara ini dalam keadaan hidup. Entah dibebaskan atau keluar saat kolonial pergi. Para napi yang berhasil selamat dikabarkan sering datang ke sini untuk berkunjung.

Penjara Phu Quoc sendiri sudah dialihfungsikan menjadi museum. Di dalamnya terdapat boneka peraga napi dan sipir yang sedang melaksanakan siksaan. Meski boneka, namun tetap saja sangat seram.