Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Warna Air Sumur Bor di Gowa Putih Seperti Susu
5 Months, 1 Day ago

Warna Air Sumur Bor di Gowa Putih Seperti Susu

Air sumur bor di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), viral di media sosial karena warnanya yang putih bersih seperti susu. Air dari sumur bor tersebut kini digunakan anak-anak untuk mandi.

Dilansir detikcom, air berwarna putih susu ini muncul dari sumur bor di Kampung Songkolo, Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. Kemunculan air putih ini sudah terjadi sebulan lebih atau sejak akhir Januari 2020.

“Airnya memang putih seperti susu. Dia tidak berbusa, tidak bau, intinya seperti air biasa kecuali warnanya yang putih,” ujar Sekretaris Camat Bonto Marannu, Iis Nurismi (33).

Iis mengatakan, sumur bor ini dibuat di atas kebun miliknya sejak Desember 2019. Dia menyebut sumur bor tersebut sebenarnya dibuat untuk menyirami bunga marigol yang dipersiapkan untuk acara tahunan Pemkab Gowa, yakni Beautiful Malino.



sumur susu
Foto: Antara/Abriawan Abhe

“Awalnya itu dibor pada kedalaman 28 meter, tapi debit airnya kecil, masih kurang. Karena masih kurang maka saya minta dilanjutkan, tambah lagi kedalaman jadi 50 meter. Tapi tukang bor takutnya masih kurang airnya, jadi ditambah lagi jadi 80 meter,” ujar Iis.

Saat kedalaman sumur sudah mencapai 80 meter inilah tiba-tiba muncul air putih seperti susu. Iis awalnya mengira bila air putih tersebut hanya sementara saja.

“Ketika muncul air putih, kita konfirmasi ke tukang bor, dia bilang, biasanya kan sumur bor agak pucat keruh jadi ditunggu sekitar 2 hari, makanya kita bikin bak penampungan air ukuran 4 kali 7 meter dengan kedalaman 65 centimeter,” imbuhnya.



Saat air ditampung di bak selama dua hari, kata Iis, air sumur tetap putih seperti susu alias tak berubah.

“Iya, kita sempat kira akan berubah, ternyata tetap putih, kita ganti airnya, tetap putih,” katanya.

Dia mengatakan, air putih itu sempat dikhawatirkan akan memberi efek gatal pada kulit. Namun setelah diuji coba dan tidak gatal, sejumlah anak-anak setempat menjadikan bak itu tempat mandi.

“Seperti itu yang viral, anak-anak pakai mandi-mandi,” katanya.



sumur susu
Foto: Ali Fahmi/Linisiar

Sementara itu, seorang pakar geologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Eng Adi Maulana, mengatakan air putih seperti susu itu terjadi karena faktor karena kontur tanah atau bebatuan di dalam tanah berbentuk lempung atau material tanah yang sangat halus sehingga menyatu dengan air.

“Jadi setelah melihat karakteristik lapangan, material-material lempung yang lapuk di bawah tanah itu masuk ke dalam akuifer atau sumber air dalam tanah, kemudian bersama-sama air tersebut keluar ke atas permukaan kemudian menampilkan warna seperti itu (putih seperti susu),” jelas Adi.

Peristiwa tergabungnya air dengan lempung, kata Adi, biasanya terjadi karena air yang mengalir di dalam tanah melewati tanah atau juga bebatuan yang mengalami pelapukan.

“Terjadi semacam suspensi. Jadi air di dalam tanah itu melewati material bebatuan yang mengalami proses pelapukan. Akhirnya dia jadi gampang bergabung dengan air,” kata Adi.