Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kendaraan Listrik Akan Dibebaskan Pajak BBNKB
3 Weeks, 2 Days ago

Kendaraan Listrik Akan Dibebaskan Pajak BBNKB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk semua kendaraan listrik.



Kebijakan insentif itu tertuang dalam Peraturan Gubernur No.3 tahun 2020 tentang Insentif Pajak BBNKB Atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Pergub khusus ini ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tanggal 3 Januari 2020 dan diundangkan pada 15 Januari 2020.



Regulasi ini akan berlaku hingga 31 Desember 2024. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi tapi juga transportasi umum.

Tapi kebijakan ini tidak berlaku untuk jenis kendaraan hybrid atau kendaraan semi listrik. Jadi hanya kendaraan bermotor yang 100% menggunakan listrik berbasis baterai.



Kebijakan ini akan diberikan secara otomatis dalam sistem pemungutan pajak dari badan Pendapatan Daerah atau Bappeda DKI Jakarta.

Kebijakan ini adalah tindak lanjut dari 7 inisiatif yang ada dalam instruksi Gubernur Nomor 66 tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara.