Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Telur Palsu yang Dilegalkan di Jepang
1 Month, 1 Day ago

Telur Palsu yang Dilegalkan di Jepang

Pada Maret 2018 lalu, sempat beredar kabar hoax soal telur palsu di Indonesia. Kasus serupa juga terjadi di Jepang baru-baru ini, namun tanggapannya berbeda.

Toko serba ada di Jepang, atau biasa disebut konbini, adalah tempat yang menyajikan bento. Kotak berisi sepaket makanan lengkap ini sangat populer di kalangan pekerja yang sibuk mencari sesuatu yang cepat dan substansial untuk dimakan.



Tapi sekarang disana sedang ramai kabar bento yang disajikan di toko serba ada mengandung telur palsu.

Kabar ini jadi viral usai sebuah tweet dari akun @coco_tsw. Dia menulis begini.

″Kalian yang mengisi mulutmu dengan bento di toko serba ada tanpa berpikir harus melihat ini.
Telur yang Anda pikir Anda makan bukanlah telur. Telur biasanya mengeras ketika dipanaskan, tetapi yang di konbini mencair saat dipanaskan. Kenapa sih kamu ingin memasukkan sesuatu seperti itu ke mulutmu ketika kamu tidak tahu bagaimana itu dibuat?″



Di tengah-tengah bento ini adalah apa yang tampak seperti telur mentah. Tapi seperti yang diperlihatkan foto berikutnya, ketika dipanaskan dalam wajan di samping telur sungguhan, telur yang katanya palsu itu menjadi bergelembung dan berair.

Memang benar bahwa telur mentah dalam bento dapat menyebabkan penyakit, dan itulah mengapa telur palsu sengaja digunakan.

Usut punya usut, ternyata yang membuat telur palsu ini adalah Kewpie, perusahaan Jepang di belakang mayonnaise Kewpie yang terkenal di dunia.



telur

Produk olahan mirip telur itu disebut Snowman Kimipachi. Kewpie mengatakan telur tiruan mereka membutuhkan waktu lebih dari sepuluh tahun untuk dikembangkan, dan dirancang untuk klien komersial yang ingin menambahkan telur mentah ke produk mereka tetapi tidak bisa karena masalah kesehatan.

Menurut deskripsi produknya di situs resmi Kewpie, "telur" ini berubah menjadi "saus seperti kuning telur" ketika dipanaskan, yang menyerupai kuning telur berair yang disukai dalam hidangan seperti oyakodon .

Tidak seperti telur asli, kuning telur yang diproduksi ini memiliki daftar bahan baku termasuk dekstrin , sirup glukosa, minyak sayur, gelatin, garam, agar-agar, protein putih telur, trehalosa, polisakarida, bumbu (amino asam), zat penyesuai PH , dan pewarna karotenoid.