Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Tanah Ambles dan Penyebabnya
1 Month, 2 Days ago

Tanah Ambles dan Penyebabnya

Dua hari lalu, jalan di kawasan Daan Mogot, Tangerang, berlubang dengan kedalaman sekitar 2 meter. Pada Desember 2018, tanah ambles berukuran besar juga terjadi di Jalan Gubeng, Surabaya.



Apa yang menyebabkan lubang ini terbentuk?
Lubang terbentuk ketika permukaan tanah tidak lagi didukung oleh apa pun yang ada di bawahnya. Anda mungkin berpikir di bawah tanah tempat Anda berdiri tidak ada apapun selain tanah. Tetapi nyatanya ada berbagai lapisan tanah dan batu. Terkadang mungkin ada lapisan itu yang bakal membentuk lubang, tetapi Anda belum mengetahuinya.

Misalnya, air perlahan-lahan menggerus batu dari waktu ke waktu. Ruang akan terbentuk di tempat batu itu, dan jika cukup besar bisa menjadi gua. Tetapi jika ruang itu terbentuk terlalu dekat dengan permukaan, akan tercipta lubang pada tanah yang ada di atasnya.



Bisa terjadi di mana saja?
Tanah ambles terjadi paling umum di mana ada endapan batuan bawah tanah yang dapat larut, seperti batu kapur, karbonat, dan lapisan garam.

Mereka juga dapat terjadi di mana lubang terbentuk dengan cara lain, seperti konstruksi, pemompaan air tanah, atau ranjau.



Perlu khawatir?
Pertama-tama, tanah ambles jarang terjadi. Kemungkinan Anda secara pribadi akan ditelan oleh tanah ambles secara tiba-tiba pada dasarnya adalah nol persen. Tidak semua tanah ambles tiba-tiba, banyak yang terbentuk perlahan selama bertahun-tahun.

Jika Anda menemukan tanah ambles, menjauhlah dari tepiannya. Ketika tanah ambles mengendap, tepiannya dapat terus runtuh. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa hari, lebih lama jika ada hujan.