Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Dugaan Wabah Anthrax di Yogyakarta
1 Month, 3 Days ago

Dugaan Wabah Anthrax di Yogyakarta

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta melakukan antisipasi terkait adanya laporan 12 orang yang dirawat dan satu meninggal dunia karena diduga terpapar wabah antraks.



Kejadian ini bermula dari temuan sapi yang mati tanpa sebab pasti. Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, dan Dinas Pangan melakukan antisipasi dengan memberikan antibiotik kepada 540 orang dari dua dusun, Ngrejek Wetan dan Kulon, Desa Gobang, Kecamatan Ponjong.



Pemerintah setempat juga memberikan disinfektan ke daerah yang rawan. Pemantauan berlanjut hingga 102 hari ke depan untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.



Dinas Kesehatan Gunungkidul sudah mengambil 41 sampel darah untuk diuji di laboratorium di Bogor. Meski masih dalam taraf suspect, gabungan dari lintas sektor membentuk tim untuk melakukan penanganan lanjutan.

Sebagai antisipasi Pemerintah kabupaten Gunungkidul menghimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mencuci tangan dan kaki setelah berinteraksi dengan hewan. Apabila merupakan hewan ternak mati diharapkan segera melapor kepada petugas.