Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Seperti Apa Ritual Umat Konghucu Jelang Imlek
1 Month, 3 Days ago

Seperti Apa Ritual Umat Konghucu Jelang Imlek

Warga Tionghoa di kota Solo, Minggu siang (12/1), menggelar upacara menyambut Imlek yang dipusatkan di kelenteng Tien Kok Sie, sebelah selatan pasar Gede Hardjonagoro.



Di kelenteng berusia 300 tahun ini, warga mengikuti doa massal yang dipimpin biksu. Karena banyaknya peserta, persembahyangan sampai diadakan lima kali.

Ada beberapa ritual yang dilakukan dalam upacara ini yang diakhiri dengan ritual Pao Oen, ritual siraman tolak bala. Di akhir ritual inilah, umat Konghucu memotong rambut mereka dan mengurapi kepala dengan air sebagai tanda penyucian diri.



Dalam upacara Pao Oen, biasanya umat akan membakar kertas persembahan sebagai tanda permohonan maaf kepada para dewa. Seluruh rangkaian upacara dimaksudkan sebagai sarana penyucian diri sebelum memasuki Tahun Baru Imlek.

Menurut pembina kelenteng Tien Kok Sie, Hendri Susanto, menjelang Imlek umat Konghucu perlu mempersiapkan diri sekaligus refleksi apa yang sudah diperbuat selama setahun yang lalu.



″Kita butuh persiapan spiritual agar hidup kita lebih tenang, bisa melalui kehidupan ini dengan lebih baik, bisa berguna kepada sesama, dan introspeksi diri,″ kata Hendri.

Puncak perayaan Imlek nanti adalah digelarnya tradisi Grebeg Sudiropradjan, yang merupakan akulturasi masyarakat Tionghoa dan masyarakat Jawa. Dua gunungan kue keranjang jalar atau laki-laki dan gunungan estri atau perempuan akan diperebutkan oleh masyarakat.