Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Hal Menyakitkan yang Sering Tidak Sadar Kita Lakukan Terhadap Pasangan
2 Months, 4 Weeks ago

Hal Menyakitkan yang Sering Tidak Sadar Kita Lakukan Terhadap Pasangan

Selama 40 tahun, profesor psikologi Universitas Washington dan timnya di Gottman Institute telah mempelajari interaksi pasangan untuk menentukan faktor pencetus utama perceraian. Di bawah ini, ada enam hal menyakitkan yang secara tidak sadar sering Anda lakukan terhadap pasangan.



1. Penyampaian adalah segalanya
Ini bukan tentang apa yang Anda katakan, tetapi bagaimana Anda mengatakannya. Penghinaan sering datang dalam bentuk nama ejekan, mencibir, sarkasme, mata berputar-putar saat mengatakan sesuatu dan mendesah kesal. Seperti racun, hal-hal itu dapat mengikis kepercayaan dan keamanan dalam hubungan Anda dan membawa pernikahan Anda ke perceraian.

2. Buang kata "terserah" dari kosakata
Ketika Anda mengatakan ‘terserah deh’ kepada pasangan, pada dasarnya Anda mengatakan Anda tidak akan mendengarkan mereka. Ini mengirimkan mereka pesan bahwa apa pun yang mereka bicarakan tidak penting dan tidak pantas bagi Anda.



3. Jauhi sarkasme dan lelucon yang kejam
Hindari sarkasme dan komentar seperti, 'Lucu banget deh Anda, aku sampai mau muntah’. Saat Anda melakukannya, jangan bercanda dengan mengorbankan pasangan Anda.

4. Jangan hidup di masa lalu
Kebanyakan pasangan mulai menunjukkan ketidaksukaan karena mereka telah membiarkan banyak hal-hal kecil menumpuk. Untuk menghindarinya, Anda perlu tetap terkini dalam komunikasi.. Jika Anda tidak senang tentang sesuatu, katakan langsung.



5. Perhatikan bahasa tubuh
Jika Anda sering menyeringai atau senyum sinis, itu adalah sinyal bahwa hubungan Anda menuju masalah. Cobalah istirahat dari satu sama lain jika keadaan memanas, atau coba fokus pada aspek-aspek positif yang Anda sukai dari pasangan.

6. Jangan pernah bilang, ″Lebay banget sih kamu″
Ketika Anda mengatakan kalimat tersebut, apa yang sebenarnya Anda katakan adalah perasaan mereka tidak penting bagi Anda. Alih-alih memberi tahu pasangan Anda bahwa mereka bereaksi berlebihan, coba dengar dari sudut pandang mereka. Cobalah untuk memahami dari mana opini itu datang dari dan mengapa mereka merasa seperti itu.