Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kalimat Ajaib Ubah Pertengkaran Jadi Mencari Solusi
1 Month, 2 Weeks ago

Kalimat Ajaib Ubah Pertengkaran Jadi Mencari Solusi

Dalam sebuah pernikahan, perdebatan atau pertengkaran dengan pasangan sangat mungkin terjadi. Apalagi kalau perdebatan ini berpusat pada keseimbangan antara kehidupan dan kerja.



Karir, anak-anak, berapa banyak waktu yang dihabiskan bersama sebagai keluarga, dan siapa yang bertanggung jawab untuk tugas-tugas tertentu di rumah, biasanya menjadi subjek perdebatan. Bahkan pada titik tertentu, perdebatan itu bisa semakin intens yang berujung saling menyalahkan.

Tapi ada sebuah kalimat ampuh yang bisa dipakai untuk menutup perdebatan. Kalimat itu adalah, ″Hei, ingat kita berada di pihak yang sama.″



Mengatakan itu akan membawa Anda keluar dari pertengkaran dan mengingatkan Anda bahwa pasangan Anda bukanlah musuh. Kemudian Anda dapat mulai fokus pada mendengarkan, berkompromi dan mencapai solusi, bukan meneruskan pertengkaran.

Kalimat ″pihak yang sama″ dalam beberapa cara mungkin merupakan jalan tercepat untuk menurunkan tensi argumen. Pada saat-saat ketika emosi memuncak, kalimat itu adalah pengingat singkat bahwa pernikahan adalah sebuah kerjasama tim.



Mengatakan 'pihak yang sama' menyiratkan bahwa Anda tidak ingin situasi atau ketidaksepakatan ini. Anda masih menginginkan dia dan hubungan ini terus berlanjut.

Adapun arah pembicaraan yang diambil setelah mengucapkan kalimat ajaib itu adalah coba menindaklanjuti dengan pertanyaan yang bertujuan memahami sudut pandang pasangan Anda. Misalnya, 'Apa yang paling penting bagimu di sini?' 'Apa yang membuatmu kesal?' 'Apa yang kamu ingin aku mengerti?'