Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Sate Bebek, Sate Khas Banten Selain Sate Bandeng
1 Month, 2 Weeks ago

Sate Bebek, Sate Khas Banten Selain Sate Bandeng

Selain sate bandeng, ada juga sate khas Banten lainnya yakni sate bebek. Sate bebek beda dengan sate pada umumnya, rasanya lebih gurih dan kuat dengan bumbu rempah. Makan sate bebek paling pas dengan sop bebek yang mantap.

sop



Kalau tidak suka dengan bau bebek yang amis, coba sate dan sop bebek di warung Sate Bebek H. Syafe’i. Dijamin tidak ada bau amisnya sama sekali. Lokasinya ada di daerah Cilegon.

sate

Semua bebek yang digunakan sebagai bahan baku diolah saat masih segar. Setelah dibersihkan dan dicuci, bebek dipanggang untuk menghilangkan sisa bulunya.



Setelah itu lalu bebek di-fillet. Mem-fillet daging bebek butuh keahlian khusus. Caranya potong kedua bagian paha bebek, lanjut ke bagian sayapnya, dan sayat bagian leher. Tarik daging bebek sampai tulangnya lepas. Pastikan tidak ada daging yang tersisa di tulang. Tulang itu nantinya akan diolah jadi sop bebek.

Kalau semua daging sudah dipisahkan dari tulangnya, barulah daging diiris tipis-tipis. Selain bumbunya mudah meresap, daging bebek yang diiris tipis akan cepat matang dan tidak alot.



Bahan untuk membuat bumbu sate bebek ada cabe merah, ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan garam. Tumbuk semua bumbu sampai halus. Setelah itu campur ke daging bebeknya. Berikutnya daging ditusuk ke lidi.

Karena sudah dibumbui, menikmati sate bebek tidak perlu pakai sambal kacang atau sambal kecap lagi, dijamin sudah gurih.

Di warung Sate Bebek H. Syafe’i, setiap hari bisa menghabiskan hingga 30 ekor bebek. Biasanya daging yang disiapkan untuk dijual esok hari, jadi jangan takut kehabisan stok yang jumlahnya bisa mencapai ribuan tusuk sate.