Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Isi Buku Digital Lebih Mudah Diingat Anak
7 Months, 2 Weeks ago

Isi Buku Digital Lebih Mudah Diingat Anak

Menurut sebuah penelitian baru, buku digital memiliki beberapa keunggulan dibandingkan buku biasa saat anak-anak mengingat isinya, Animasi, terutama yang penting untuk interaksi verbal, dapat secara signifikan meningkatkan ingatan kembali detail cerita.

Penelitian, dari psikolog Erik Thiessen di Carnegie Mellon University, mengevaluasi ingatan 30 anak-anak berusia 3-5 setelah membaca buku cerita biasa dan satu dengan animasi untuk setiap halaman.



Ketika ditanya kemudian tentang apa yang mereka ingat, anak-anak yang telah melihat buku animasi cenderung mengingat 15-20% lebih banyak. Hasil terbaik terlihat ketika buku itu dianimasikan sebagai tanggapan terhadap anak yang mengatakan atau menanyakan sesuatu tentang hal itu (walaupun ini harus dilakukan secara manual oleh orang dewasa yang membaca) daripada hanya secara otomatis.

“Anak-anak belajar terbaik ketika mereka lebih terlibat dalam proses pembelajaran,” jelas Thiessen.



“Banyak antarmuka digital kurang cocok untuk kapasitas belajar anak-anak, tetapi jika kita dapat membuatnya lebih baik, anak-anak dapat belajar lebih baik.”

Ini bukan untuk mengatakan bahwa semua buku untuk anak-anak harus dianimasikan. Buku-buku tradisional selalu memiliki kelebihannya sendiri, dan begitu Anda melewati tahap buku bergambar, inovasi digital ini tidak banyak membantu.



Intinya adalah untuk menunjukkan bahwa buku digital dapat bermanfaat. Tetapi penting bahwa fitur digital harus dibuat dan disesuaikan dengan mata untuk meningkatkan pembelajaran, dan penelitian harus dilakukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana yang terbaik dicapai.

Penelitian Thiessen dipublikasikan dalam jurnal Developmental Psychology.