Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ada Bintang Hilang Dalam Hitungan Jam
2 Months, 1 Week ago

Ada Bintang Hilang Dalam Hitungan Jam

Sebuah analisis komparatif data astronomi historis dan kontemporer telah menghasilkan penemuan sekitar 100 objek mirip bintang yang secara tak terduga menghilang . Kejadian aneh ini sepertinya alami, tetapi para ilmuwan mengatakan teknologi alien bisa jadi kemungkinan.

Objek-objek itu muncul sebagai titik merah redup di langit malam. Tetapi kemudian mereka mulai menjadi lebih cerah dan kemudian menghilang dari pandangan dalam waktu kurang dari satu jam.



bintang

Apakah itu?

Penelitian baru yang diterbitkan Astronomical Journal menyebut mereka sebagai "transien merah". Sekitar 100 transien telah dicatat oleh tim yang dipimpin oleh Beatriz Villarroel dari Universitas Stockholm dan Institut Astrofisika Canarias di Spanyol. Lebih tepatnya, mereka disebut sebagai "bintang yang menghilang".



Transien merah terdeteksi berkat Vanishing & Appearing Sources during a Century of Observations (VASCO), sebuah proyek yang didirikan pada tahun 2017. Para peneliti VASCO berburu benda-benda di luar wilayah Bumi yang menghilang secara misterius.

Untuk penelitian terbaru, Villarroel dan rekan-rekannya melihat data astronomi arsip yang dikumpulkan selama abad sebelumnya, khususnya data yang ditemukan di US Naval Observatory Catalog (USNO). Data lama ini kemudian dibandingkan dengan katalog langit modern, termasuk Pan-STARRS Data Release-1 (DR1) yang baru saja dikumpulkan.

Dari kumpulan 600 juta objek, para ilmuwan menemukan 151.193 yang tidak terwakili dalam arsip modern. Hingga saat ini, Villarroel dan rekan-rekannya hanya memiliki kesempatan untuk menganalisis 23.667 dari benda-benda aneh ini, atau hanya 15,7 persen. Para peneliti menemukan sebagian besar dari mereka kesalahan identifikasi seperti noda pada lensa dan cacat visual lainnya.



Tetapi kira-kira 100 dari objek ini tidak dapat dengan mudah dijelaskan, menjamin penunjukan mereka sebagai transien merah. Objek-objek ini cenderung sangat merah dan membuat gerakan-gerakan yang berbeda. Bukan merupakan fenomena selestial yang diketahui, seperti asteroid, bintang yang bergerak cepat, atau bintang yang baru saja menjauh dari pandangan.

Sebuah bintang tidak menghilang begitu saja tanpa jejak. Bintang pada akhirnya terbakar , tetapi mereka cenderung menghilang dalam satu dari dua cara, entah sebagai bintang katai putih atau meledak dalam bentuk supernova . Kemungkinan lain adalah bintang itu jatuh ke dalam lubang hitam, yang oleh para astronom disebut sebagai supernova yang gagal.

Menariknya, para peneliti melihat adanya kemungkinan yang lebih radikal yaitu aktivitas kecerdasan ekstraterestrial (ETI). Tentu saja, penggunaan istilah alien sering kali merupakan pertanda sebagai simbol kebingungan peneliti.