Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Denda Tilang di Finlandia Diatur Berdasarkan Pendapatan
2 Months, 2 Weeks ago

Denda Tilang di Finlandia Diatur Berdasarkan Pendapatan

Mengebut atau berkendara di atas kecepatan yang sudah ditetapkan adalah masalah universal. Setiap negara punya solusinya sendiri untuk mengatasi para tukang ngebut.



Salah satunya adalah Finlandia dengan undang-undang yang mengatur denda sesuai dengan pendapatan mereka. Sistem denda ini menentukan denda dengan menghitung berapa banyak pendapatan yang mereka dapat dalam sehari. Standarnya adalah setengah dari gaji harian seseorang. Jadi dengan kata lain, semakin besar penghasilan Anda, semakin tinggi denda itu.



Tapi tunggu, masih ada lagi. Ada faktor lain yang berperan di sini, yaitu tingkat keparahan pelanggaran. Denda dapat menjadi lebih tinggi secara bertahap tergantung pada seberapa banyak pelanggar melebihi batas kecepatan. Ini berarti bahwa seseorang yang melebihi batas kecepatan 10 mph akan mendapatkan denda yang lebih kecil daripada orang yang mengendarai 20 mph lebih cepat.



Beberapa contoh kasusnya ada pada tahun 2002, dimana mantan direktur Nokia, Anssi Vanjoki, tertangkap ngebut 47 mph di zona 30 mph dengan sepeda motornya dan didenda $103.600. Pada 2015, Reima Kuisla, seorang pengusaha harus membayar $62.000 karena mengemudi 15 mph di atas batas kecepatan 30 mph.

Sebelum Anda berpikir bisa mengakali sistem denda dengan mengatakan ″Saya tidak punya pekerjaan, maka tidak ada gaji″, faktor lain seperti tunjangan sosial juga dimasukkan ke dalam persamaan. Selain itu, ada denda minimum yang ditetapkan jika penghasilan Anda di bawah ambang batas denda.