Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Mobil Dibeli $100, Laku Dilelang Hampir $1 Juta
1 Month, 3 Weeks ago

Mobil Dibeli $100, Laku Dilelang Hampir $1 Juta

Pada 1989, pasangan dari Long Island, New York membayar sekitar $100 untuk sebuah gudang penyimpanan barang yang tidak diklaim oleh pemiliknya. Itu adalah sebuah lelang buta, artinya baik mereka maupun pengelola tidak tahu apa yang ada di dalamnya.

Ketika pasangan itu membuka gudangnya, mereka segera mendapat kejutan dalam hidup mereka. Ditutupi selimut tua, ada sebuah mobil sport Lotus Esprit 1976 yang digunakan dalam pembuatan film James Bond tahun 1977 berjudul “The Spy Who Loved Me.” Di film itu, mobil sport itu terkenal bisa berubah menjadi kapal selam dan menembakkan rudal saat berada di bawah air.

lotus



Bertahun-tahun kemudian, CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, membeli temuan mereka dengan harga hampir $1 juta.

Mereka belum pernah melihat film James Bond
Ada delapan mobil Lotus Esprit 1976 yang digunakan dalam pembuatan film The Spy Who Loved Me. Tapi satu-satunya yang beroperasi dalam adegan bawah air, telah dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan setelah syutingnya selesai dan tetap di gudang, dilupakan selama lebih dari satu dekade hingga pasangan yang anonim itu menemukannya dalam lelang.

Pada awalnya, mereka benar-benar tidak tahu mobil apa itu, kata Doug Redenius, salah satu pendiri Ian Fleming Foundation, yang mengotentikasi mobil itu. Mereka bahkan belum pernah melihat film James Bond.



Tadinya si suami berencana memperbaiki atap Lotus Esprit yang penyok. Tetapi setelah mereka menaikkannya ke ke truk, di jalan ada pengemudi truk yang menghubungi mereka melalui radio CB. Pengemudi itu untuk memberi tahu mereka bahwa mereka sedang mengangkut mobil James Bond.

″Sang suami kemudian menyewa film di VHS dan melihat apa yang dimilikinya,” kata Redenius.

Setelah pasangan itu merestorasinya, mereka memajangnya dalam pameran sesekali selama dua dekade berikutnya sebelum memutuskan untuk menaruhnya di lelang pada tahun 2013.



Redenius kemudian menghubungkan pasangan itu dengan rumah lelang Sotheby. Ia mengatakan kepada pasangan sebelum pelelangan, ″Jika [mobil] terjual seperti apa yang kami harapkan, uang itu akan memberi Anda kesempatan untuk hidup enak selama sisa hidup Anda.″

Mobil itu kemudian terjual di lelang pada 2013 kepada pembeli rahasia. Belakangan diketahui bahwa pemilik baru itu adalah Elon Musk, dan dia dilaporkan membayar $997.000 untuk mobil itu.

Baru-baru ini, Musk mengatakan bahwa mobil Lotus Esprit 1976 adalah bagian dari inspirasi untuk Tesla Cybertruck.

musk