Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Soto Sampah, Semerbak Wanginya Kaya Rempah
5 Days, 16 Hours ago

Soto Sampah, Semerbak Wanginya Kaya Rempah

Soto ini punya kuah dengan harum rempah. Isiannya sangat lengkap dan harganya pun murah. Inilah soto legendaris yang gurih enak nyaris buka 24 jam.

Soto Sampah terletak di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Yogyakarta. Adapun diberi nama soto sampah adalah pemberian para pengunjung yang dahulu kerap membeli soto di sini.



“Dinamakan soto 'sampah' oleh para pengunjung karena penyajiannya berantakan,” ujar Jumi (39), pengelola soto sampah kepada detikfood.

soto sampah

Satu mangkok soto kaya rempah ini berisikan nasi, bihun, potongan kubis, taoge, seledri dan bawang goreng. Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran rempah, seperti temulawak, kayu manis, daun jeruk, salam, serai dan jahe.



Soto sampah sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Jumi mengaku bahan-bahan yang digunakan untuk membuat soto sampah selalu segar. Ketika sekarang orang-orang masak dengan bumbu yang digiling, Jumi dan karyawannya tetap memasak soto sampah dengan tangan untuk menjaga cita rasa.

Harum rempah sudah tercium ketika semangkuk soto hangat yang disajikan. Tak hanya rasa gurih kaldu atau harum, beragam rempah terasa sedap hangat. Pengunjung dapat menambahkan lauk pelengkap sesuai selera, seperti telur, bakwan, perkedel, sate usus dan ceker ayam goreng.



soto sampah

Soto sampah buka hampir 24 jam, mulai pukul 07.00 WIB hingga 04.00 WIB. Pengunjung masih sepi ketika pagi dan siang karena hawa yang panas dan akses parkir yang cukup sulit. Di atas pukul 21.00 WIB, pengunjung mulai ramai berdatangan.

Semangkuk soto sampah dibanderol dengan harga murah meriah. Mulai dari Rp 6.000 untuk soto lemak atau gajih, Rp 7.000 untuk soto ayam dan daging. Pengunjung yang meminta soto dengan porsi double, dapat membayar seharga Rp 12 ribu. Harga soto sampah menyesuaikan permintaan pengunjung, misal jika ada yang tidak pakai nasi.