Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ubah Air Laut Jadi Air Minum Dengan Tenaga Surya
2 Months, 3 Days ago

Ubah Air Laut Jadi Air Minum Dengan Tenaga Surya

Kebanyakan dari kita memiliki hak istimewa untuk mendapatkan air bersih dan segar. Tapi itu tidak berlaku untuk semua orang. Sekitar 2,2 miliar orang tidak memiliki akses yang aman ke air minum. Ironis sekali mengingat kita hidup di planet yang 2/3-nya adalah air.



Baru-baru ini, LSM Give Power memasang pembangkit tenaga surya yang bisa mengubah air laut menjadi air minum. Meskipun ini bukan proyek pertama mereka, Give Power baru-baru ini sukses besar dalam membangun infrastruktur baru yang bisa mengubah air asin menjadi air minum di Kiunga, sebuah kota kecil di Kenya. Setelah keberhasilan ini, organisasi tersebut sudah merencanakan proyek serupa di Kolombia dan Haiti.



give



Proses desalinasi dalam mengubah air asin menjadi air minum sangat memakan daya dan karenanya mahal. Oleh karena itu, menggunakan energi matahari merupakan solusi jangka panjang yang sangat baik. Give Power bisa memanen energi matahari menggunakan panel surya. Mereka mampu menghasilkan 50 kilowatt energi dan memberi daya ke dua pompa air 24 jam sehari.

Sebelum adanya infrastruktur ini, orang kadang-kadang harus melakukan perjalanan lebih dari satu jam hanya untuk mendapatkan air minum. Karena setiap tetes air sangat berharga, mereka biasanya mandi dan mencuci pakaian mereka dengan air garam kotor yang bisa merusak kulit.