Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Cara Aman Bersihkan Layar Ponsel
3 Months, 1 Day ago

Cara Aman Bersihkan Layar Ponsel

Membersihkan layar ponsel harus dilakukan dengan cara yang benar. Ini berarti menggunakan jenis pembersih yang tepat, serta bahan yang cocok untuk membersihkan.

Larangan
Sebelum kita membahas metode untuk membersihkan layar sentuh perangkat Anda dengan aman, mari kita bahas beberapa kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan saat membersihkan layar sentuh ponsel:

- Jangan pernah menggunakan bahan kimia yang keras, termasuk pembersih kaca, apa pun dengan amonia, atau pembersih berbahan dasar alkohol. Jika diperlukan cairan, Anda hanya perlu menggunakan sedikit air pada kain. Meskipun Anda dapat membeli solusi pembersihan khusus, ini tidak diperlukan.

- Jangan sekali-kali menggunakan kain abrasif, handuk kertas, atau kertas tisu, yang dapat menggores layar sentuh. Goresannya mungkin kecil, tetapi akan bertambah seiring waktu, dan merusak layar. Sebagai gantinya, gunakan kain mikrofiber, yang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan yang sensitif.



- Jangan pernah menggunakan air dalam jumlah besar. Jika air diperlukan untuk membersihkan layar, Anda harus membasahi kain microfiber sebagai gantinya. Matikan perangkat terlebih dahulu.

- Jangan pernah menekan terlalu keras saat membersihkan layar. Tekanan berlebihan dapat merusak perangkat Anda.

Langkah-langkah yang diuraikan tadi dimaksudkan untuk membersihkan layar kaca. Jika layar Anda ditutupi dengan pelindung layar plastik, Anda dapat menggunakan jenis solusi pembersihan lainnya.

Kain Microfiber
Untuk membersihkan layar sentuh, yang Anda butuhkan hanyalah kain microfiber. Untuk layar yang lebih kotor, Anda mungkin juga membutuhkan sedikit air putih (sabun tidak perlu).

Istilah "kain mikrofiber" mungkin terdengar agak mewah, tetapi sangat umum dan murah. Jika Anda memiliki kacamata, biasanya disertakan kain microfiber untuk membersihkan lensa.



Mengapa kain mikrofiber cocok untuk tugas ini? Mereka mengandung serat yang sangat kecil yang tidak akan menggores layar sentuh Anda. Microfiber juga menarik debu dan minyak, menariknya dari layar perangkat Anda alih-alih menggosoknya di sekitar layar. Usap beberapa kali, layar sentuh ponsel Anda sudah bersih.

microfiber

Langkah-langkah Bersihkan Layar
1. Matikan perangkat. Mematikan layar perangkat memungkinkan Anda untuk melihat kotoran dengan lebih mudah.

2. Bersihkan secara horizontal atau vertikal di layar sentuh dalam satu arah berulang dengan kain microfiber. Gerakan ini menyapu kotoran dan merupakan cara paling aman untuk membersihkan layar.



Misalnya, mulai dari sisi kiri layar dan usap lurus ke sisi kanan layar. Setelah itu, gerakkan kain sedikit lebih rendah dan ulangi proses ini untuk membersihkan seluruh layar.

3. Jika perlu, gunakan sedikit air di sudut kain. Pastikan Anda membasahi kain, bukan ke perangkat. Gunakan bagian kain yang lembab untuk membersihkan layar dengan cara yang sama.

Untuk minyak yang sangat menyusahkan, Anda dapat mempertimbangkan cairan pembersih layar. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan air suling dicampur cuka putih dan taruh ke dalam botol semprotan. Ingat untuk menyemprot kain, bukan ke ponsel.

4. Usap layar dengan bagian kering dari kain mikrofiber. Biarkan sisa air di layar kering dengan sendirinya. Jangan berusaha terlalu keras untuk mengeringkannya dengan kain.

Untuk membersihkan kain mikrofiber itu sendiri dan mencegah penumpukan kotoran, rendam kain dengan air sabun hangat, bilas dengan baik, dan biarkan mengering. Jangan gunakan bahan kimia keras untuk membersihkan kain, karena dapat merusaknya.