Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kuli Bangunan Dikirimi Pajak Rolls Royce
2 Months, 1 Week ago

Kuli Bangunan Dikirimi Pajak Rolls Royce

Kejadian pencatutan identitas untuk dipakai oknum pengemplang pajak terjadi kembali. Kali ini menimpa seorang kuli bangunan di Jakarta Barat.

Sejak Agustus 2019, Dimas Agung Prayitno (21) beberapa kali menerima surat tagihan tunggakan pajak Rp200 juta untuk mobil mewah Rolls Royce Phantom senilai Rp20 miliar. Sudah pasti dia kaget saat menerima surat dari Samsat Jakarta Barat.



catut

″Lihat mobil itu saja belum pernah, tahu juga tidak,″ kata Dimas, Selasa (19/11).



Dimas menduga, mantan bosnya yang kemungkinan mencatut identitasnya. Karena pada 2017, KTP-nya pernah dipinjam seorang teman. Ia juga mengaku sudah tidak bisa menghubungi temannya itu karena nomor telponnya diblokir oleh temannya sejak beberapa bulan lalu.

″Terakhir bertemu bos saya itu tahun 2018, sekarang perusahaannya sudah tutup,″ kata Dimas.

Sekretaris Badan Pajak Retribusi Daerah DKI Jakarta, Pilar Hendrani, mengatakan pencatutan identitas jadi salah satu modus pengemplang pajak. Aksi ini dilakukan agar si pemilik mobil tidak terbebani pajak tambahan.



Beberapa modus tersebut terbongkar saat adanya bantuan-bantuan dari pemerintah.

″Nama yang dicatut baru ketahuan saat mereka mengurus KJP (Kartu Jakarta Pintar) atau KJS (Kartu Jakarta Sehat). Di situ mereka baru tahu namanya dicatut saat meminjamkan KTP ke orang lain,″ kata Pilar.