Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

NASA Umumkan Tanggal Asteroid Akan Hantam Bumi
2 Months, 4 Weeks ago

NASA Umumkan Tanggal Asteroid Akan Hantam Bumi


NASA merilis rincian asteroid JF1 yang sedang menuju Bumi. Batuan yang memiliki panjang 128 meter itu diperkirakan akan bertabrakan dengan bumi pada 6 Mei 2022, dengan konsekuensi yang menghancurkan. NASA mengatakan bahwa jika asteroid itu melanjutkan lintasannya saat ini, JF1 dapat menyerang dengan kekuatan 230 kiloton setara dengan 230.000 ton TNT. Dampaknya akan 15 kali lebih besar dari bom atom Hiroshima.



Para ilmuwan mengatakan bahwa jika JF1 menghantam daerah berpenduduk, itu akan menghapus seluruh kota secara instan, berpotensi menyebabkan jutaan kematian. Tetapi mereka memperingatkan bahwa bahkan jika itu jatuh di bagian paling jauh Samudra Pasifik, JF1 masih akan menyebabkan tsunami yang menghancurkan dan "musim dingin nuklir" yang sangat berdampak pada kehidupan di Bumi.

JF1 telah dipantau untuk diperhatikan dengan cermat oleh sistem pemantauan bernama Sentry.



NASA mengatakan, ″Sentry adalah sistem pemantauan tabrakan yang sangat otomatis yang terus-menerus memindai daftar asteroid terbaru untuk kemungkinan dampak di masa depan dengan Bumi selama 100 tahun ke depan."

NASA juga mengatakan kemungkinan asteroid bertabrakan dengan bumi itu rendah. NASA yakin ada 1:3.800 kemungkinan asteroid itu akan menghantam Bumi pada tanggal 6 Mei 2022. Itu berarti peluangnya hanya 0,026% dan kemungkinan 99% akan meleset menghantam Bumi.



Tapi ingat, meskipun kecil peluang menabrak masih tetap ada. Karena itu badan-badan antariksa di seluruh dunia sedang mengembangkan cara untuk mencegah kemungkinan peristiwa ini terjadi.

Para peneliti dan insinyur pesawat ruang angkasa dari seluruh Eropa dan AS sedang mengerjakan misi untuk "membelokkan" jalur asteroid dan membuktikan teknik itu sebagai metode pertahanan bumi yang layak. Misi ini disebut Asteroid Impact Deflection Assessment (AIDA).