Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kelamaan Main Ponsel, Pembuluh Darah di Mata Pecah
2 Months, 2 Weeks ago

Kelamaan Main Ponsel, Pembuluh Darah di Mata Pecah

Terlalu sering menggunakan ponsel ternyata dapat merusak sebagian organ tubuh. Seperti dialami wanita asal Tiongkok ini, ia menderita kebutaan sementara akibat bermain ponsel terlalu lama.

Semalaman suntuk wanita ini dilaporkan menghabiskan waktu bermain smartphone. Wanita yang tak disebut identitasnya itu kehilangan pandangan pada mata sebelah kirinya. Hal disebabkan pembuluh darah pada retina meledak akibat ketegangan yang berlebihan.



“Pasien terjaga sepanjang malam dengan bermain ponsel, saat paginya setelah dia bangun dan mengangkat teleponnya, sekitar lima menit kemudian, pasien menemukan bahwa dia tidak dapat melihat apa-apa dari mata sebelah kirinya,” kata Dr. Qiu Wangjian, dokter wanita di Rumah Sakit Rakyat Songgang.

mata pecah



Menurut dokter, wanita ini didiagnosis retinopati Valsalva akibat bercak darah di retinanya. Kasus ini juga dilaporkan bisa menyebabkan penderitanya muntah, serangan asma, batuk berat, bahkan kerusakan lebih serius pada tubuhnya.

Untuk mengobatinya, dokter menyebut pasien diberikan perawatan berupa laser untuk menciptakan lubang kecil di retina sehinggga darah mengalir kembali dan peglihatannya pulih.



American Academy of Ophthalmology (AAO) sendiri memberikan rekomendasi jarak layar ponsel dengan mata kira-kira sejauh lengan. Selain itu gunakan pula filter layar matte.

AAO juga menyarankan mengikuti "aturan 20-20-20," yakni istirahat setiap 20 menit dengan melihat sebuah objek 20 kaki jauhnya selama 20 detik. Rekomendasi ini juga menyerukan agar mata tetap lembab, berhenti memainkan gadget sebelum tidur.