Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

4 Langkah Ampuh Menghentikan Keinginan Ngemil Menurut Ahli Saraf
3 Weeks, 1 Day ago

4 Langkah Ampuh Menghentikan Keinginan Ngemil Menurut Ahli Saraf

Saat melakukan diet demi menurunkan berat badan, godaan paling beratnya adalah ngemil. Donat, martabak, es krim dan makanan lezat lainnya tampaknya selalu menang dan menghancurkan diet kita sepenuhnya.

Menurut ahli ilmu saraf, Susan Peirce Thompson, alasan tidak bisa menolak ngemil sebenarnya bukan kesalahan Anda. Itu sebenarnya berkaitan dengan otak. Dia menjelaskan bahwa otak kita belum cukup untuk membantu kita memproses makanan modern yang dipenuhi dengan gula dan tepung.

Ketika kita memiliki terlalu banyak hal-hal ini, insulin dalam tubuh kita naik dan menghalangi leptin, hormon yang memberi tahu otak kita bahwa kita sudah cukup makan. Ini berarti kita akan terus makan dan makan, yang bukan merupakan berita baik untuk diet.



Dia mengklaim bahwa makanan manis juga membanjiri otak kita dengan dopamin, dan mencoba menguranginya membuat kita lebih membutuhkannya lagi.

Dopamin sering disebut sebagai zat yang berkontribusi dalam perasaan senang. Hal ini ada benarnya karena hormon ini memang dilepaskan tubuh ketika seseorang merasakan situasi atau momen yang menyenangkan.

Hal inilah yang membuat orang cenderung ingin melakukan kembali kegiatan yang menyenangkan tersebut. Kegiatan seperti makan atau berhubungan seks adalah dua contoh kegiatan yang merangsang terlepasnya dopamin.



kue

Susan percaya kunci untuk mengatasi ini adalah untuk menyingkirkan makanan yang 'menghambat' otak kita dengan mengikuti empat aturan berikut:

Hilangkan gula
Susan menganggap ini yang paling penting dari empat aturannya. Hanya dengan menghilangkan gula, kita dapat menyembuhkan otak dan tubuh. Ini berarti semua gula, termasuk madu dan pemanis.



Hilangkan tepung
Sama seperti gula, Susan menggambarkan tepung sebagai "penggoda yang licik".

Tetap makan tiga kali sehari
Ketika Anda memiliki rutinitas waktu makan, itu akan mengambil beban dari godaan ngemil karena Anda tahu kapan makanan berikutnya akan datang.

Timbang semua yang Anda makan
Dia merekomendasikan untuk menimbang semua makanan sebelum Anda makan, sehingga Anda tahu persis apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.