Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Perlukah Repot-repot Melakukan Daur Ulang Plastik?
2 Weeks, 7 Hours ago

Perlukah Repot-repot Melakukan Daur Ulang Plastik?

Gerakan mendaur ulang plastik sering digaungkan oleh berbagai organisasi lingkungan. Tapi apakah mendaur ulang plastik itu merupakan langkah yang efektif?

Situs Quartz minggu ini menampilkan sebuah artikel yang menunjukkan bahwa seluruh sistem daur ulang itu sendiri sangat cacat, khususnya ketika menyangkut plastik.



Dalam laporan itu dijelaskan masalah yang membuat daur ulang plastik menjadi sangat sulit. Alasannya memproduksi plastik baru lebih murah daripada mendaur ulangnya. Akibatnya, permintaan untuk itu tidak ada, karena perusahaan sering memilih plastik baru daripada memasukkan plastik daur ulang karena harganya. Di mata perusahaan dan produsen plastik, plastik baru hampir selalu terbukti lebih berharga untuk keuntungan mereka. Artinya akan ada lebih banyak lagi produksi plastik baru.

Kabar buruknya, banyak plastik yang diproduksi memiliki umur yang jauh lebih pendek daripada materi daur ulang lainnya, seperti aluminium dan kaca. Karena itu plastik-plastik ini tidak dapat didaur ulang berulang-ulang dengan mudah tanpa mengorbankan kualitasnya.

Bahkan jika Anda memang memilih untuk mendaur ulang, Anda tidak dapat menjamin bahwa apa yang Anda taruh di tong sampah benar-benar akan didaur ulang. CNN dalam sebuah artikelnya melaporkan, menemukan ada puluhan fasilitas daur ulang ilegal di Malaysia yang membuang barang daur ulang atau membakarnya.



bakar

Tapi apakah daur ulang plastik ini hanya sekadar mitos? Apakah Anda harus kehilangan semua harapan dan menyerah melakukan daur ulang? Tidak, jangan dulu menyerah.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus mendaur ulang plastik, coba pikirkan. Jika kita semua memutuskan untuk menghentikan daur ulang semua plastik, maka semua plastik itu akan berakhir di tempat pembuangan sampah, yang mungkin merupakan skenario terburuk.



Di sana, plastik akan teronggok selama beberapa generasi, mencemari saluran air atau dibakar. Semuanya bukan pilihan bagus untuk lingkungan.

Selanjutnya, cari informasi apakah perusahaan atau organisasi yang melakukan proses daur ulang benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik?

Hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah relatif sederhana, meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengubah kebiasaan Anda dalam menggunakan plastik mungkin tidak menghasilkan dampak luas bagi lingkungan. Tapi jika kita melakukannya secara kolektif, membuat perubahan kecil ini sebagai sesuatu yang besar, sudah pasti ada pengaruhnya.