Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Menetralisir Ancaman dari Akun Zombie
3 Months, 2 Weeks ago

Menetralisir Ancaman dari Akun Zombie

Ada banyak website yang dapat Anda jelajahi dengan membuat akun terlebih dahulu. Dari berbelanja hingga mengirim e-mail hingga sekadar menulis komentar di bawah video atau artikel. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya akun zombie.

Apa itu Akun Zombie?
Akun zombie adalah akun online yang dibuat di masa lalu tetapi tidak lagi digunakan. Contohnya akun di forum kampus yang Anda berhenti gunakan sejak kuliah. Akun Hotmail yang Anda abaikan setelah pindah ke Gmail, dan lain sebagainya. Intinya adalah bahwa akun-akun ini sudah tidak dipakai lagi dan tidak memengaruhi kehidupan Anda.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Akun Zombie
Akun zombie membawa detail pribadi Anda. Jika Anda pernah menggunakan akun zombie untuk melakukan pembelian, maka di situ akan terdapat detail transaksi keuangan Anda. Bahkan jika tidak digunakan untuk transaksi, Anda mungkin masih berbagi informasi sensitif saat menggunakan akun, misalnya alamat, kata sandi Anda, dan pertanyaan keamanan dan lain sebagainya yang tidak Anda ingat atau sadari.

Semua informasi ini dapat diakses oleh peretas yang berhasil mendapatkan akses ke akun zombie Anda yang keamanannya sudah usang atau tidak efektif. Bahkan jika Anda yakin akun lama Anda tidak berisi informasi penting, akun Anda masih dapat digunakan oleh pihak ketiga untuk tujuan ilegal, dengan segala kemungkinan akibat yang mengarah langsung kepada Anda.



Melacak Akun Zombie Lama
Ada alasan mengapa akun lama Anda harus dinonaktifkan setelah Anda berhenti menggunakannya. Untuk menonaktifkan akun zombie, pertama-tama Anda harus menemukannya terlebih dahulu. Beberapa cara untuk melacak akun lama termasuk:

- Mengingat dan membuat daftar setiap akun yang pernah Anda buat sebelumnya.

- Mencari melalui email Anda dan melacak setiap pesan konfirmasi akun atau tautan serupa yang dikirim ke e-mail Anda setelah mengaktifkan atau menggunakan akun.

- Memeriksa aplikasi Anda untuk melihat apakah ada yang membawa akun yang Anda buat.



- Jika Anda menggunakan perangkat lunak penyimpan kata sandi, periksa log-nya untuk menemukan akun mana dan kata sandinya masih tersimpan di perangkat Anda.

Mematikan Akun
Setelah Anda melacak semua akun lama Anda, sekarang saatnya untuk menonaktifkannya. Tiap situs memiliki kebijakan yang berbeda untuk menonaktifkan akun yang dibuat di platform mereka. Sebelum menonaktifkan akun, cari opsi ekspor data jika Anda ingin menyimpan data di perangkat pribadi Anda.

Jika Anda menemukan proses penghapusan akun lebih rumit daripada yang diharapkan, situs-situs seperti https://backgroundchecks.org/justdeleteme/ memiliki daftar tautan untuk menghapus akun Anda dari beragam layanan web populer. Ikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapus akun, dan tunggu pesan konfirmasi yang memberi tahu bahwa akun telah dihapus.

delete



Ingatlah bahwa situs tertentu, memiliki kebijakan melarang penghapusan akun. Dalam situasi seperti itu, yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah:

- Tidak membuat akun di situs yang tidak memungkinkan penghapusan akun.

- Jika Anda memang membuat akun, hindari memposting informasi pribadi yang sensitif.

- Ubah informasi pribadi Anda pada akun tersebut sebelum Anda berhenti menggunakannya.

Jika Anda tidak dapat menemukan cara langsung untuk menghapus akun, langkah Anda berikutnya adalah menghubungi administrator situs.

Akun lama Anda adalah tautan Anda ke semua aktivitas masa lalu Anda di Internet. Karenanya, akun tersebut tidak boleh dibiarkan aktif dan tidak terlindungi di Internet. Selalu ingat untuk mematikan akun Anda saat tidak lagi menggunakannya. Sebab informasi sekecil apapun bisa dimanfaatkan penjahat dunia maya agar mereka bisa bergerak dan mengendalikan identitas online Anda di masa lalu.