Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Cara Unik Mendinginkan Ponsel yang Kepanasan
1 Month, 6 Days ago

Cara Unik Mendinginkan Ponsel yang Kepanasan

Jika suhu ponsel Anda menjadi hangat dari waktu ke waktu, itu masih normal karena perangkat elektronik bekerja melalui pergerakan listrik yang menghasilkan panas. Tetapi jika ponsel Anda secara teratur menaikkan panas ke titik di mana tidak nyaman untuk dipegang, mungkin ada masalah yang lebih serius terjadi.

Sebelumnya pahami dulu bahwa 'hangat' tidak sama dengan 'panas'. Secara umum, suhu internal ponsel dapat mencapai 37-43 derajat Celcius dan masih dianggap normal.



Penyebab ponsel kepanasan:
1. Bermain game untuk jangka waktu yang lama
2. Streaming
3. Setting tidak optimal
4. Faktor lingkungan
5. Pembaruan aplikasi
6. Pembaruan perangkat lunak
7. Terinfeksi malware

Cara mendinginkan ponsel
Pertama-tama coba lepaskan casing ponsel. Melepas casing dapat membantu menurunkan suhu ponsel lebih cepat.



Selanjutnya, nyalakan mode pesawat untuk dengan cepat menonaktifkan fitur penguras baterai seperti GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi atau pencarian sinyal seluler. Ini bukan pilihan paling praktis, tetapi ini bisa menjadi cara cepat untuk membantu mendinginkan.

Jangan pernah meletakkan ponsel di lemari es. Walaupun ini terdengar logis, memaparkan ponsel ke suhu atau kelembapan ekstrem dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.



Pilihan yang lebih baik meski diakui kurang efekti adalah dikipasi. Atau kalau Anda mau, coba trik sederhana menggunakan lembaran kompres yang biasa dipakai untuk menurunkan demam anak. Buka kemasannya dan tempelkan di bagian belakang casing ponsel Anda. Katanya manjur loh buat mendinginkan ponsel.

kompres

ponsel