Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Pembatas Jalan di Tol Pandaan-Malang Kok Bergerak Sendiri?
1 Month, 1 Week ago

Pembatas Jalan di Tol Pandaan-Malang Kok Bergerak Sendiri?

Sebuah video viral memperlihatkan pembatas jalan atau disebut barrier bergerak sendiri di Jalan Tol Pandaan-Malang. Banyak yang bertanya, kok bisa?

Dilansir kompas.com, video itu menampilkan dua barrier bergerak sendiri secara perlahan ke tengah jalan. Sementara sejumlah mobil terlihat melintas dan berusaha menghindari barrier yang sudah berdiri di tengah.



Insiden ini sontak mengundang rasa penarasan dari netizen. Setelah ditelusuri, ternyata peristiwa ini tidak ada unsur mistisnya.

Humas PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Tri Antyo menjelaskan, kejadian ini ada di Km 62-67 Tol Pandaan-Malang. Penyebab barrier bergerak sendiri adalah karena dihempas tekanan angin yang kencang.

barrier tol



Diketahui, ruas tol di daerah itu memang konturnya berupa lorong atau bukit yang digali. Sedangkan di sisi selatan terdapat lembah yang terbuka.

Konstruksi di area ini dinilai dapat memicu tekanan angin kencang sehingga bisa mendorong barrier bergerak ke tengah. Apalagi dua barrier itu disebut tak terisi air sehingga sangat mudah bergerak jika tertiup angin.

“Kebetulan di sta 62-67 adalah bukit yang digali sehingga seperti lorong. Sedangkan di sisi selatan lembah terbuka sehingga angin dari lembah yang lumayan kuat ketika melewati lorong bisa semakin kuat,” ujar Agus.



Agar tak kembali bergerak, Manajemen PT Jasamarga Pandaan Malang akan memastikan semua water barrier yang ada di sepanjang ruas Tol Pandaan-Malang sudah diisi dengan air.

Langkah ini dilakukan agar barrier tak lagi bergerak hingga dapat menghalangi kendaraan yang melintas di jalan.

“Nanti water barrier mesti diisi air,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo.