Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Putri Tidur di Dunia Nyata
1 Month, 1 Week ago

Putri Tidur di Dunia Nyata

Sharik Tovar, seorang gadis berusia 17 tahun dari kota Acacías, Kolombia, menderita sindrom putri tidur atau Kleine-Levin sejak dia berusia dua tahun. Kondisi ini sangat langka, hanya 40 kasus yang telah dilaporkan di seluruh dunia.



Sindrom ini ditandai dengan tidur berlebihan serta perubahan kognitif dan perilaku. Dalam kasus Sharik, ia bisa tidur hingga dua bulan. Selama tidur, ibu Sharik yang bernama Marleny, harus memberinya makanan yang dicairkan setiap beberapa jam. Lebih buruk lagi, karena sudah berlangsung lama, Sharik menderita kehilangan ingatan baik sementara atau permanen.

“Setelah tidur selama 48 hari pada Juni tahun lalu, dia kehilangan ingatannya untuk sementara waktu. Dia bertanya kepada saya siapa saya,” kata Marleny.



Tahun ini, selama bulan Januari dan Februari, Sharik tidur selama 22 hari. Marleny harus berhenti dari pekerjaannya untuk menjaga Sharik penuh waktu, itulah sebabnya dia sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah Kolombia untuk bertahan hidup.

Sayangnya, harapan untuk mendapat bantuan ini sia-sia. Ketika kasus Sharik Tovar pertama kali menjadi berita utama pada tahun 2017, walikota Acacías berjanji untuk menyediakan perumahan bagi keluarga, sehingga mereka tidak perlu membayar sewa lagi. Tapi hal itu belum terwujud, dan pemerintah setempat tidak melakukan apa-apa selain memberikan alasan.



Marleny Tovar juga mengimbau layanan kesehatan untuk mempercepat pengiriman suplemen nutrisi yang Sharik butuhkan untuk bertahan hidup selama tidurnya, serta perawatan neurologis untuk mengurangi kerusakan ingatan gadis itu.

Sayangnya, penyebab sindrom Kleine-Levin belum diketahui, meskipun telah dinyatakan bahwa kondisi ini mungkin terkait dengan infeksi virus. Tidak ada obat yang diketahui bisa menyembuhkannya.