Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Penampakan Mobil Menteri Baru di Gedung DPR
1 Month, 2 Weeks ago

Penampakan Mobil Menteri Baru di Gedung DPR

Mobil dinas baru yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive seharga Rp1,5 miliar sudah mejeng lho diparkiran gedung DPR hari ini. Yuk, lihat detail penampakannya!

Dilansir detikoto, inilah penampakan mobil dinas baru para menteri di Kabinet Jokowi dan pejabat setingkat, yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang dibanderol seharga Rp1,5 miliar.

Pemilihan mobil dinas baru ini dilakukan melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online. Prosesnya telah dikonsultasikan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).



toyota crown

Pada akhirnya terpilihlah PT Astra International Tbk-TSO sebagai pihak yang memenangkan tender, dan diharuskan menyediakan 101 unit kendaraan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid yang digunakan untuk para menteri anggota kabinet dan pejabat tinggi lainnya.

Mobil harga Rp1.5 miliar ini sudah termasuk biaya pajak yang membebaninya. Mobil juga sudah mengusung teknologi hybrid yang diklaim lebih ramah lingkungan.



Pemilihan mobil hybrid juga merujuk niat pemerintah yang sedang mengarahkan kendaraan elektrik di Tanah Air.

toyota crown

Crown yang dipakai menteri ini menggendong mesin berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.500 cc. Sebagai mobil hybrid, mesin digabungkan dengan motor yang kalau digabungkan total tenaganya mencapai 226 PS. Mesinnya punya torsi maksimal 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm dan motornya punya torsi maksimal 300 Nm.



Mengutip laman resmi Toyota, dengan teknologi hybrid Toyota Crown diklaim memiliki efisiensi panas dan performa yang tinggi. Mobil ini juga memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

toyota crown

Di situs resmi Toyota, untuk tipe 2.5 HV G-Executive ini memiliki harga 6.323.400 yen atau dirupiahkan setara Rp844 jutaan. Tapi itu harga di Jepang.