Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Tips Menghindari Klaim Kerusakan Properti di Airbnb
1 Month, 1 Week ago

Tips Menghindari Klaim Kerusakan Properti di Airbnb

Ada beragam kisah yang bisa Anda temukan di Internet soal pengalaman traveler dengan reservasi Airbnb-nya. Mulai dari kisah yang mengharukan sampai kisah yang bikin geram. Salah satu kisah yang bikin geram itu adalah si pemilik properti yang mengklaim bahwa Anda telah menyebabkan kerusakan pada properti mereka, kerusakan yang dapat menyebabkan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah.

Salah seorang pengguna Airbnb yang bernama Lee Abbamonte menceritakan kisahnya usai menginap di Madrid lewat Airbnb.



“Saya telah berurusan dengan orang-orang yang sangat baik selama perjalanan saya ke Madrid. Kemudian wanita itu mulai mengirimi saya foto-foto apartemennya dengan menuduh kami melakukan semua 'kerusakan' di apartemennya.“

Di e-mail itu dikatakan, Abbamonte meninggalkan sampah di lantai kamar dan merusak perabotan, termasuk kursi senilai 4.000 euro. Tetapi Abbamonte bersikeras dia tidak melakukan hal seperti itu.



Setelah berbicara dengan perwakilan Airbnb, Airbnb akhirnya memutuskan untuk mendukung si pemilik properti. Pada akhirnya Abbamonte tidak didakwa, tetapi dia masih dianggap bertanggung jawab dengan cara akunnya diberi peringatan.

Ambil foto pada saat datang dan sebelum pulang
Mungkin cara termudah untuk melindungi diri dari skenario semacam ini adalah mengambil foto setiap kamar segera setelah Anda tiba dan tepat sebelum pulang. Dengan mengambil foto Airbnb pada hari kedatangan Anda, Anda dapat memastikan Anda tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang ada. Mengambil foto pada saat pulang juga akan memastikan Anda tidak meninggalkan apartemen dalam keadaan kacau balau.



Jika Anda menemukan sesuatu yang rusak parah ketika Anda tiba, Anda harus segera memberi tahu si pemilik, atau mengirim foto sedekat mungkin dengan waktu kedatangan Anda. Saat pergi, cobalah mengambil foto sambil memotret koran bertanggal hari itu sebagai bukti. Bisa juga mengirim pesan 'terima kasih' ke tuan rumah melalui Airbnb saat Anda berangkat dan gunakan itu sebagai bukti.

Baca ulasan dengan cermat
Tentu saja, selalu periksa ulasan Airbnb sebelum memesan. Jika apartemen memiliki sedikit atau tidak ada ulasan sama sekali, periksa untuk melihat apakah tuan rumah memiliki properti lain dengan ulasan atau bahkan ulasan mereka sendiri sebagai tamu. Periksa untuk melihat apakah mereka diverifikasi melalui Airbnb (yang memerlukan info seperti profil Facebook, alamat email, dan ID yang dikeluarkan pemerintah). Jika mereka tidak responsif atau menghindari pertanyaan, mungkin lebih baik untuk memesan tempat lain.

Berkomunikasi melalui Airbnb
Terakhir, pastikan untuk memverifikasi siapa pun yang menghubungi Anda dengan cara apa pun selain sistem pesan langsung Airbnb. Dengan kata lain, jangan langsung mempercayai e-mail yang mengaku sebagai tuan rumah.