Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Pengepul Ungkap Alasan Kumpulkan Oli Bekas, Ternyata Buat Ini
1 Month, 2 Weeks ago

Pengepul Ungkap Alasan Kumpulkan Oli Bekas, Ternyata Buat Ini

Mungkin banyak yang bertanya kemana perginya oli bekas yang sudah tidak terpakai lagi? Apakah digunakan untuk hal yang tidak-tidak?

Dilansir GridOto.com, salah satu toko oli Autostore yang berada di Jl. Raya Siliwangi RT 02 RW 03 No. 45A, Rawa Lumbu, Bekasi, mengungkap bahwa oli bekas yang sudah tidak terpakai ternyata diambil oleh para pengepul.



Oli bekas ternyata dimanfaatkan untuk hal yang tak terduga. Jumlah oli bekas yang diambil pun tidak sedikit.

Ayin selaku Manager toko Autostore menggungkapkan bahwa pihaknya sudah ada langganan yang sering mengambil oli bekas.



“Oli bekas yang diambil oleh pengepul ini pernah aku tanya mau dikemanakan, dan jawabannya untuk pembakaran dan campuran aspal jalan,” ucap Ayin. Karena sebelum dipergunakan, aspal jalanan harus dimasak terlebih dahulu.

“Pengepul pun hanya mau mengambil bila oli bekas sudah terkumpul banyak dan untuk oli bekas tidak hanya dari oli mesin, oli transmisi sampai oli gardan bekas pun diambil,” tambahnya.



Hanya saja pengepul tidak akan mau mengambil oli bekas yang sudah tercampur dengan air.

Selain untuk bahan bakar pembakaran aspal, oli bekas di beberapa daerah pun dipergunakan untuk bahan bakar tungku. Mereka menggunakannya untuk mematangkan batu bata, kapur dan lainnya.

Untuk harga per liter, oli bekas ini sering kali dihargai berbeda-beda tergantung ketersediaan stok. Bila stok cukup banyak, oli bekas bisa dijual seharga Rp2.500 sampai Rp3.000 per liternya. Sedangkan bila stok oli sedang tidak banyak, maka harganya bisa lebih mahal dari itu.