Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ilmuwan Bingung Lihat Monyet Doyan Tikus
1 Month, 2 Weeks ago

Ilmuwan Bingung Lihat Monyet Doyan Tikus

Monyet yang selama ini kita ketahui umumnya memakan buah-buahan, rupanya memiliki selera makan lain yang bikin bingung para ilmuwan.

Di Malaysia ditemukan jenis monyet pembunuh yang doyan melahap tikus besar. Monyet ekor babi biasanya dianggap memakan buah, hanya sesekali berburu hewan lain dan umumnya hanya kadal kecil atau burung. Namun, para ilmuwan sekarang telah mengonfirmasi bahwa monyet-monyet ini juga secara teratur melahap tikus besar.



″Saya terkejut ketika pertama kali mengamati bahwa monyet juga memakan tikus di perkebunan," kata Nadine Ruppert, dari Universiti Sains Malaysia, yang mengungkapkan penelitiannya dalam jurnal Current Biology.

Laporan ini melacak kera antara Januari 2016 dan September 2018 di perkebunan di sekitar hutan lindung Segari Melintang, Perak, Malaysia.



Dalam kelompok yang biasanya berjumlah sekitar 44 ekor monyet, rata-rata membunuh 3.000 tikus per tahun. Itu hampir 70 tikus per monyet.

Monyet akan berburu tikus saat mereka berlindung di dalam pohon, membuat tikus menjadi mangsa yang mudah.



″Dengan menemukan lubang di batang kelapa sawit di mana tikus mencari perlindungan di siang hari, satu kelompok monyet ekor babi dapat menangkap lebih dari 3.000 tikus per tahun,″ kata Anna Holzner, dari Universitas Leipzig.

Tikus merusak sekitar 10 persen tanaman kelapa sawit dengan memakan buahnya. Jadi para ilmuwan mengatakan, daripada menjadi hama, monyet-monyet ini bisa dilihat sebagai pengendali hama alami. Para ahli mendesak pemilik perkebunan untuk mempertimbangkan meningkatkan habitat monyet.