Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Bank Rambut Pertama di Dunia
4 Months, 1 Week ago

Bank Rambut Pertama di Dunia



Bank rambut pertama di dunia telah dibuka di Manchester, Inggris. ‘Nasabahnya’ harus membayar £2.500 (Rp45,7 juta) untuk membekukan sampel rambut mereka. Sel-sel inti rambut nantinya akan dikloning di lab dan disuntikkan kembali ke kulit kepala dengan tujuan mengembalikan rambut seperti saat mereka masih muda.

Kebotakan pada pria dipicu oleh kombinasi gen dan hormon yang menyebabkan rambut berangsur-angsur hilang. Saat ini, untuk menumbuhkan rambut pilihannya hanya terbatas pada pengobatan, yang dapat memiliki efek samping, dan transplantasi rambut yang memakan biaya sangat tinggi.



Jadi, bisakah bank rambut menjadi jawabannya? Begini cara mereka bekerja. Sekitar 100 helai rambut, termasuk akarnya akan dicabut dari area berukuran 7cm x 1cm di bagian belakang kulit kepala dalam prosedur 30 menit dengan bius lokal. Rambut-rambut itu akan dibekukan di suhu -180 celcius.



Jika si nasabah sudah mengalami kebotakan, rambut-rambut yang dibekukan tadi akan diambil selnya kemudian ditransplantasikan kembali ke kepala nasabah. Makanya dianjurkan jika ingin memiliki rambut yang bagus saat tua nanti, si nasabah sudah harus memulai proses pembekuan rambut sejak usia muda.