Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Lebah Dinobatkan Jadi Hewan Terpenting di Bumi
1 Month, 2 Weeks ago

Lebah Dinobatkan Jadi Hewan Terpenting di Bumi

Alam telah memberi kita serangga yang menjijikkan hingga yang sangat cantik. Dari semua serangga yang ada di muka bumi, serangga apakah yang dianggap paling penting?

Para ilmuwan mengatakan bahwa lebah telah menjadi hewan paling penting di planet ini. Begitu pentingnya, kehidupan manusia dipertaruhkan jika populasi lebah terganggu.



Dr. George McGavin adalah ahli entomologi, akademik, dan penjelajah, yang telah mendedikasikan lebih dari 25 tahun untuk mengajar di Oxford.

The Earthwatch Institute, sebuah badan amal lingkungan internasional yang bekerja untuk kebaikan planet ini, dalam Royal Geographical Society menyatakan bahwa lebah sekarang adalah makhluk hidup paling penting di planet ini. Sayangnya, beberapa spesies lebah telah ditempatkan pada daftar hewan yang terancam punah, dan penelitian menunjukkan penurunan global dalam populasi lebah.

McGavin menekankan pentingnya lebah dalam ekosistem global, “Simbiosis kritis antara serangga, terutama lebah, dan tanaman berbunga telah menciptakan keragaman kehidupan yang kaya di Bumi.”



″Ada sekitar 20.000 spesies lebah (bukan hanya lebah madu!) Dan banyak yang merupakan spesies soliter," jelas Dr. McGavin.

“Lebah sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Tanpa lebah, kita harus mengubah kebiasaan makan kita secara dramatis. Tidak ada bunga, tidak ada buah, tidak ada sayuran. "

Menurut laporan Greenpeace, sekitar 60 hingga 90 persen dari makanan yang kita makan membutuhkan bantuan dari hewan penyerbuk seperti lebah untuk bereproduksi. Persentase ini mencakup beragam buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, yang kebanyakan kita konsumsi setiap hari.



Ini berarti ketika populasi lebah berkurang, keanekaragaman hayati bumi juga berkurang, berpotensi mempengaruhi spesies lain dan menyebabkan efek domino dalam hal itu.

Belum lagi industri bernilai miliaran dolar yang bergerak di sekitar produk lebah seperti madu, lilin, dan roti.

Semua orang bisa berperan menjaga populasi lebah. Bagaimana caranya? Dr. McGavin menjelaskannya dengan sederhana dan sederhana, ″Jangan pernah menggunakan pestisida, dan beli makanan organik.″