Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Es Krim Rasa Tikus Belanda
3 Months, 2 Weeks ago

Es Krim Rasa Tikus Belanda

Anda mungkin tahu guinea pig atau tikus belanda sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan. Tapi di negara-negara Amerika Selatan seperti Ekuador, Peru atau Bolivia, tikus belanda juga dijadikan sumber protein alias dimakan.

Biasanya mereka menyajikannya dengan garam, kentang dan saus kacang. Tapi kalau disajikan sebagai rasa es krim?



María del Carmen Pilapaña telah menjual ratusan es krim rasa tikus belanda tiap hari selama beberapa bulan terakhir. María mendapatkan ide ini sekitar setahun yang lalu saat menghadiri pameran tikus belanda tahunan. Dia sudah punya produk es krim buah, tetapi seseorang menantangnya untuk mencoba sesuatu yang lebih unik.

tikus



Mendapatkan formula untuk es krim tikus belanda membutuhkan waktu sebulan. Pada awalnya, María mencoba menggunakan dendeng tikus belanda yang dihancurkan, tetapi itu tidak memberikan hasil yang diharapkannya. Kemudian dia mencoba daging tikus belanda panggang, tetapi ternyata terbukti bermasalah juga.

Dia akhirnya menemukan sesuatu ketika mencoba merebus daging selama setidaknya dua jam, untuk mendapatkan kaldu yang benar-benar murni. Dia kemudian menghancurkan daging dan dicampur dengan kaldu untuk membuat adonannya. Proses selanjutnya sama seperti pembuatan es krim pada umumnya. Setelah dibekukan selama sehari, es krim tikus belanda siap disajikan.



“Keluarga dan suami berpikir saya gila. Mereka tidak berpikir ada orang yang mau es krim ini, tetapi sekarang mereka adalah produk utama kami,” kata María yang awalnya juga ragu.

Pilapaña menjual es krim tikus belanda di sebuah kios di sebelah jalan raya yang menghubungkan ibu kota Ekuador, Quito dengan kota Sangolqui. Dia biasanya menyiapkan sekitar 150 es krim per minggu, tetapi sekarang setelah lebih banyak orang mengetahuinya, permintaan pasti akan meningkat.