Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Warga Berebut Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Lokasi Karhutla
1 Week, 12 Hours ago

Warga Berebut Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Lokasi Karhutla

Pasca kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Dusun Serdang, Desa Mara Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, banyak warga menemukan berbagai macam benda seperti manik-manik bahkan emas yang diduga berasal dari Kerajaan Sriwijaya.

Dilansir kompas.com, warga berbondong-bondong melakukan penggalian secara ilegal demi mencari barang berharga terutama yang terbuat dari emas. Hanya dengan menggali di kedalaman sekitar 1 meter, warga sudah bisa menemukan perhiasan berupa cincin dari emas di lokasi tersebut.



harta

Kolektor Benda Peninggalan Sriwijaya Okky Okta Wijaya mengatakan, harta karun yang ditemukan di Kabupaten OKI sama persis seperti penemuan barang peninggalan Sriwijaya yang didapat dari Sungai Musi, Palembang. Untuk di Kabupaten OKI sendiri, mereka menemukan lempengan emas bertuliskan bahasa sanskerta. Lempengan itu diduga adalah kwitansi penjualan tanah di masa kerajaan Sriwijaya.

Selain lempengan emas, mereka juga mendapatkan lempengan timah yang berisi doa-doa, mantra dan santet.



“Ada juga perhiasan seperti cincin, anting-anting yang didapatkan di sana. Untuk lempengan, kami dapatkan pada 2017 lalu,” kata Okky.

harta karun



Okky menyebut, pada 2019 mereka sempat melakukan pencarian dengan cara menyelam di sungai Musi. Hasil dari penyelaman itu, mereka menemukan benda berbentuk kubus dari bahan perunggu dengan panjang 33 mm, tinggi 27 mm dan berat 156,18 gram.

Di atas benda itu, terdapat lima ukiran. Ada yang berbentuk bulat dan persegi.

“Benda itu adalah alat pencetak koin pada masa kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di Sungai Musi. Benda yang ditemukan di Sungai Musi sama dengan yang ada di OKI,” ujarnya.