Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Trik Agar Anak Doyan Baca Buku
2 Months, 1 Week ago

Trik Agar Anak Doyan Baca Buku

Merupakan tugas orang tua untuk menanamkan kebiasaan dan nilai-nilai yang baik di usia muda. Salah satu kebiasaan baik itu adalah membaca buku.



Seorang orangtua di Jepang dengan akun Twitter @jyouhou_syusyu, yang juga seorang penulis, memiliki trik unik untuk membiasakan anak kembarnya suka membaca buku.

“Saya membuat kesepakatan dengan anak-anak saya. Mereka memilih sebuah buku dari perpustakaan, membacanya, dan menjelaskan ceritanya kepada saya. Jika penjelasan mereka menarik, saya memberi mereka tambahan uang saku 100 yen. Sejak itu, mereka jadi gila membaca, dan sekarang mereka memiliki nilai terbaik di kelas mereka untuk bahasa Jepang,” katanya.



Bagian kuncinya di sini adalah “jika penjelasan mereka menarik”. Jika orangtua hanya memberi 100 yen untuk setiap buku yang dibaca oleh anaknya, motivasi mereka untuk menggali isi buku itu akan kecil. Mereka akan membacanya dengan asal dan secepat-cepatnya. Tetapi dengan menghubungkan imbalan ke ringkasan yang menarik, ia mengarahkan anaknya ke arah analisis mendalam dan bijak dari isi buku.



Hasilnya, bukan hanya komunikasi lisan anak-anak yang meningkat, keterampilan menulis dan komposisi anak juga meningkat.

″Karena sistem ini, anak-anak saya dan saya menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara satu sama lain,″ akunya.