Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

ART Tewas Diterkam Anjing Peliharaan
5 Months, 3 Weeks ago

ART Tewas Diterkam Anjing Peliharaan

Yayan (35) asisten rumah tangga (ART) Jumat (28/8) terkapar tak berdaya dengan luka robek akibat dikoyak oleh seekor anjing ras Malinois Belgia bernama Sparta.

Peristiwa bermula ketika majikan Yayan, TD (72) menyuruh wanita yang baru dua minggu bekerja itu untuk membuka kandang. Setelah dibuka, Sparta langsung memburu Yayan dan menerkamnya.

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Kombes Edy Purnomo, mengatakan pada leher Yayan mengenai pembuluh darah besar dan menyebabkan Yayan kehilangan setidaknya 2,5 liter darah dan tewas hari itu juga.



Sparta rupanya merupakan anjing peliharaan milik pembawa acara My Trip My Adventure, Bima Aryo. Ia mengaku tak ada di rumah saat kejadian, lantaran masih sibuk dengan rangkaian acara pernikahannya di Jakarta, Minggu (1/9). Bima Aryo masih ingin mengetahui secara detil kronologi kejadian. Terlebih, menurutnya, saat itu di lokasi kondisi cahaya tengah minim.

anjing

Kapolsek Cipayung, Kompol Abdul Rasyid, mengatakan mulanya Yayan diminta TD membuka kandang Sparta untuk memberi makan.

″Korban baru bekerja dua minggu jadi pembantu. Langsung meninggal hari itu juga, jadi enggak sempat dirawat,″ jelas Abdul.

TD sebagai majikan terancam pidana 5 tahun penjara.



″Yang menyuruh buka kandang bisa kena pidana. Pasal 359 KUHP tentang kealpaan yang menyebabkan matinya seseorang,″ beber Abdul.

″Dari pihak pemilik anjing sudah diperiksa mulai dari bapak dan anaknya, kemudian keluarga korban dalam hal ini suaminya beserta keluarga lain dari Cianjur,″ tuturnya.

Sparta rupanya pernah menyerang warga lain sebelumnya. Menurut Irma Budiani, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur, Sparta sudah tiga kali melukai warga.



Sparta pertama kali menyerang kuli bangunan yang sedang bekerja di rumah Bima sekitar satu tahun lalu. Beberapa bulan kemudian, Sparta dikabarkan kembali menyerang seorang wanita tua hingga luka parah. Yang terakhir adalah Yayan.

Setelah kasus pertama, Sudin KPKP Jakarta Timur pernah mengobservasi Sparta. Tapi Sparta dinyatakan negatif rabies.

Pasca tewasnya Yayan, petugas Sudin KPKP akan kembali mengobservasi anjing tersebut.

″Setiap anjing menggigit wajib kami observasi. Di rumahnya itu ada beberapa anjing, tapi yang paling galak ya Sparta, pokoknya dia cuma bersahabat sama Bima Aryo,″ ujar Irma.