Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Cara Simpan Daging Agar Tahan Lama
4 Months, 4 Days ago

Cara Simpan Daging Agar Tahan Lama

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta memberitahukan cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga.

1. Tidak mencuci daging agar memiliki daya simpan lama. Jika ada saja daging yang kotor karena debu atau pasir, lebih baik langsung diolah.



2. Daging sebaiknya dipotong-potong sesuai konsumsi. Jika daging disimpan dalam potongan besar dan tiap akan dimasak harus dicairkan untuk dipotong dan sisanya dibekukan kembali, maka kualitas daging akan menurun.

3. Tiap potongan daging disimpan dalam tempat yang terpisah dan berkualitas baik. Daging yang disimpan dengan baik, bahkan bisa memiliki daya simpan hingga sekitar satu tahun di freezer.



Sementara itu untuk proses distribusi, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indoneisia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang hukum membagikan daging kurban yang sudah diolah dan didistribusikan ke luar daerah.

“Menyimpan sebagian daging kurban yang telah diolah dan diawetkan dalam waktu tertentu untuk pemanfaatan dan pendistribusian kepada yang lebih membutuhkan adalah mubah dengan syarat tidak ada kebutuhan mendesak,” kata Asrorun Niam Sholeh selaku Sekretaris Komisi Fatwa MUI.



Fatwa itu juga mengatakan, daging hewan kurban disunnahkan untuk didistribusikan segera setelah disembelih. Agar manfaat dan tujuan penyembelihan hewan kurban dapat terealisasi.

“Hewan kurban juga disunnahkan dibagikan dalam bentuk daging mentah, berbeda dengan aqiqah. Daging kurban disunnahkan didistribusikan untuk memenuhi hajat orang yang membutuhkan di daerah terdekat,” demikian tulis fatwa tersebut.