Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kondisi Memprihatinkan Mini Zoo di Kolam Renang Kostrad Cilodong
3 Months, 1 Week ago

Kondisi Memprihatinkan Mini Zoo di Kolam Renang Kostrad Cilodong

Serangkaian foto yang menampilkan kondisi memprihatinkan mini zoo di kawasan Kolam Renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok, Jawa Barat, menghebohkan media sosial. Foto-foto itu diunggah oleh akun Twitter @halocilukba.

Dilansir Kompas.com, tampak sejumlah hewan, seperti buaya, monyet, burung kasuari berada di dalam kandang. Namun, sampah bekas makanan juga memenuhi sekitaran dan di dalam kandang hewan-hewan itu.

“Lokasi: Kolam Renang Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Keadaannya sudah sangat tidak layak, dan ini terbuka untuk umum. Apa ada tindakan yg bisa dilakukan? Guys, what should we do about this?” tulis pemilik akun @halocilukba.



mini zoo viral

Sontak warganet ramai-ramai mengomentari foto-foto itu. Mereka juga menyoroti makanan untuk burung kasuari yang dinilai sangat tidak layak. Kicauan itu bahkan di-retweet akun WWF Indonesia dan diunggah ulang oleh Garda Satwa Indonesia.

Kepala Penerangan Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim, membenarkan kondisi mini zoo yang sangat memprihatinkan tersebut.

“Iya, benar itu di kondisi Divisi 1 Kostrad Cilodong,” ujar Adhi kepada Kompas.com.



Adhi menambahkan, kondisi kandang hewan-hewan itu jadi tidak layak lantaran banyaknya pengunjung yang datang selama libur lebaran.

“Memang sempat kotor karena beberapa hari lalu ramai pengunjung sekitar dan banyak yang asal memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” katanya.

mini zoo viral



Ia pun mengakui bahwa pihaknya kurang memberikan pengawasan terhadap kebun binatang. Apalagi di momen lebaran, sejumlah petugas tengah mengambil cuti.

“Mini zoo itu juga sudah diberi papan peringatan yang lebih jelas untuk pengunjung tidak sembarangan memberi makan hewan,” ucap Adhi.

Adhi menuturkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan balai konservasi untuk kelanjutan pemeliharaan hewan-hewan tersebut.

“Ya apabila diperkenankan tetap dipelihara di sana (Kostrad Cilodong) sebagai sarana edukasi bagi anak-anak atau diserahkan ke kebun binatang atau pihak balai,” pungkasnya.