Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kucing Raksasa Campuran Singa dan Harimau
3 Months, 1 Week ago

Kucing Raksasa Campuran Singa dan Harimau

Seekor liger (lion-tiger) yang merupakan campuran antara singa dan harimau, yang berbobot 319 kg dibesarkan di AS telah dijuluki kucing terbesar di dunia. Kucing berusia lima tahun, bernama Apollo, adalah keturunan hibrida dari singa jantan dan harimau betina. Beberapa telah membandingkannya dengan spesies terbesar dari harimau sabretooth dari zaman prasejarah, yang beratnya mencapai hampir 400 kg.



Liger berbeda dengan Tigon (tiger-lion) yang orang tuanya adalah singa betina dan harimau jantan yang biasanya tumbuh lebih besar daripada spesies induknya.



Hibrida langka pertama kali muncul di India abad ke-19 dan hanya ditemukan di penangkaran, karena singa dan harimau hidup terpisah di alam liar. Diperkirakan ada kurang dari 1000 di dunia.



Menurut Guinness World Records, rekor untuk kucing terbesar adalah Hercules, liger jantan dewasa yang juga tinggal di Myrtle Beach Safari di South Carolina, yang juga paman Apollo. Hercules memiliki berat 418 kg dan konsumsi daging hariannya sekitar 13 kg.