Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Aneh, Wanita Ini Tidak Dapat Mendengar Suara Pria
5 Days, 10 Hours ago

Aneh, Wanita Ini Tidak Dapat Mendengar Suara Pria

Seorang wanita asal China didiagnosis dengan jenis gangguan pendengaran yang cukup aneh lantaran dirinya tidak dapat mendengar suara laki-laki. Ia mengaku hanya dapat mendengar suara perempuan.

Dilansir Dailymail, pasien yang diidentifikasi dengan nama Chen ini diketahui mulai mengalami gangguan tersebut ketika terbangun dari tidur. Ia menemukan dirinya tidak dapat mendengar suara pacarnya.

Mengetahui kondisinya cukup misterius, Chen yang tinggal kota Xiamen ini lantas bergegas pergi ke rumah sakit.

Dokter yang menangani Chen mengatakan bahwa gangguan pendengaran seperti ini sangatlah tidak umum, sehingga mereka berusaha mencari tahu gejala aneh tersebut.

Seorang spesialis THT mendiagnosis Chen dengan gangguan pendengaran lereng terbalik, yakni gangguan dimana ia hanya dapat mendengar suara berfrekuensi tinggi. Kondisi ini diyakini hanya diderita oleh satu dari hampir 13.000 pasien dengan masalah pendengaran.

Para dokter menambahkan, ada kemungkinan bahwa stres mungkin berkontribusi pada kondisi tersebut.

gangguan pendengaran



Chen dilaporkan menderita mual dan berdenging di telinganya pada malam sebelumnya. Ia pun percaya dengan beristirahat kondisinya akan baik-baik saja. Chen pun memutuskan pergi tidur dengan pacarnya.

Namun keesokan paginya, ia terkejut mengetahui diirnya tidak dapat mendengar pasangannya berbicara. Ia lalu bergegas ke Rumah Sakit Qianpu di kota itu untuk menemui spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT).

Dr Lin Xiaoqing yang merawat Chen, mengungkap bahwa ia bisa mendengar setiap kata yang dikeluarkan dari mulut wanita.

"Dia bisa mendengar saya ketika saya berbicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien pria muda berjalan, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali," ujar Dr Lin.

Dr Lin pun mendiagnosisnya dengan gangguan pendengaran frekuensi rendah atau kehilangan pendengaran dengan lereng terbalik. Kondisi ini biasanya sulit untuk didiagnosis karena petugas medis dan pasien mungkin tidak menyadarinya.

Chen juga mengungkapkan bahwa ia baru saja bekerja lembur, membuat tubuhnya sangat tertekan dan kurang tidur.

Dr Lin pun percaya bahwa kelelahan dan stres yang bertambah dalam beberapa hari terakhir mungkin berkontribusi pada kondisi ini.

Spesialis THT itu juga mengungkapkan bahwa penting untuk mengobati gejala seperti itu dengan cepat, dan berharap Chen pulih sepenuhnya.