Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Mencekam, Detik-detik Ibu dan Anak Diserang Ular Piton
5 Days, 11 Hours ago

Mencekam, Detik-detik Ibu dan Anak Diserang Ular Piton

Ular piton kembali meneror warga. Kali ini warga yang menjadi korban keganasan ular piton berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta.

Diberitakan Detikcom, dua warga Dusun Trengguno Kidul, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong ini terluka setelah diserang ular piton saat mengecek kandang ayam. Akibat serangan tersebut, dua orang yang diketahui sebagai ibu dan anak itu mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya.

Sarjiyem (46), menceritakan bahwa pada Kamis (10/1) pagi, ia mendengar suara gaduh dari kandang ayam belakang rumahnya. Ia pun lalu menyuruh anaknya, Tri Dwianto (17) untuk mengecek kondisi kandang ayam tersebut.

"Anak saya ambil lampu senter terus membuka kancing kandang ayam, pas jongkok dan mengecek itu dari samping ada ular menyerang dan melilit leher anak saya," ujarnya.

serangan piton

Mengetahui leher anaknya dililit dan digigit ular, Sarjiyem bergegas menyelamatkan putranya itu.

"Saya tarik kepalanya (ular) dari leher anak saya dan bisa lepas. Tapi kaki saya gantian dililit dan jari saya juga digigit. Saya dan anak saya jatuh. Setelah itu saya teriak-teriak minta tolong sambil menangis karena anak saya banyak mengeluarkan darah," lanjutnya.



Warga yang mendengar teriakan Sarjiyem ini lantas segera berdatangan menangkap ular sepanjang sekitar 4 meter. Setelah itu, mereka membawa ibu dan anak ini ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.

Dari pantauan detikcom, anak Sarjiyem saat ini kondisinya masih tergeletak lemas. Perban terlihat melilit di leher akibat gigitan ular piton.

serangan piton

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ponjong, Brigadir Sugeng Widodo, menyebut bahwa munculnya ular piton di Dusun Trengguno Kidul bukan hanya kali ini saja. Ia mengaku sudah berkali-kali menjumpai peristiwa serupa. Hal ini lantaran pemukiman warga memang berbatasan langsung dengan perbukitan.

"Sudah 4 kali dalam 2 bulan terakhir, tapi yang sampai menyerang warga baru sekali ini terjadi," ujarnya.

Pasca serangan ular piton terhadap ibu dan anak ini, warga sekitar melakukan aksi berburu ular di sekitar lokasi kejadian. Mereka menduga masih ada ular lain yang bersembunyi dalam gua sekitar pemukiman.

"Kemungkinan masih ada ular lainnya, karena itu kami cari ularnya di luweng-luweng (gua kecil di perbukitan). Selain itu kami sisir semua pekarangan di bukit-bukit," ujar Kasidi (40), salah seorang warga.

Perburuan itu mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Terlebih, perbukitan di sekitar dusun tersebut kemungkinan menjadi sarang ular piton.