Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ponsel Saya kok Tidak Nyala?
6 Months, 6 Days ago

Ponsel Saya kok Tidak Nyala?

Saat menyalakan ponsel dan tidak muncul apapun di layar, adalah satu hal yang paling ditakutkan para pengguna ponsel. Jadi apa saja penyebab dan solusi yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini?

Kotoran dan Debu
Pastikan tidak ada debu, kotoran, atau kotoran lain yang menyumbat port USB pada kabel charger atau port charger di ponsel Anda. Cara terbaik untuk menghilangkan kotoran di port charging adalah dengan menggunakan semprotan udara.

port usb

Cek Kabel
Kabel USB terkenal karena sering tidak berfungsi. Anda dapat memeriksa integritas kabel Anda dengan menggunakannya dengan perangkat lain dan melihat apakah itu berfungsi.

Lakukan Siklus Daya
Kita semua pernah mengalami telepon dengan layar tidak responsif, dan tidak ada tombol yang berfungsi saat dalam kondisi hidup/menyala. Perlu diketahui juga bahwa ponsel juga bisa tidak responsif dalam kondisi mati.



Jika ponsel Android Anda tidak mau hidup, salah satu solusinya adalah melakukan siklus daya. Untuk perangkat dengan baterai yang bisa dilepas, keluarkan baterainya, tunggu beberapa detik, dan memasangnya kembali.

Jika ponsel menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas, tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik. Tiap ponsel berbeda, Anda mungkin perlu menahannya selama 10 hingga 30 detik.

Periksa Baterai
Jika Anda yakin semua peralatan charging berfungsi, dan siklus daya belum menyelesaikan masalahnya, inilah saatnya mengalihkan perhatian Anda ke baterai.

Sebagian besar baterai ponsel dan tablet kualitasnya mulai menurun dengan cepat setelah beberapa tahun digunakan. Akhirnya mereka akan benar-benar mati.

Jenis kerusakan lainnya juga dapat mempengaruhi baterai. Misalnya cairan, jatuh ke permukaan yang keras, dan suhu ekstrem dapat membuat baterai menjadi tidak berguna.



Apakah Baterainya Mengisi?
Setelah charger dicolokkan ke soket listrik, tunggu selama satu menit untuk melihat apakah ikon baterai muncul di layar.

Jika ya, baterai Anda baik-baik saja, dan Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Atau Anda mungkin melihat lampu merah kecil (atau warna lain) berkedip. Jika ya, artinya baterai Anda tidak memiliki cukup daya untuk menghidupkan atau menampilkan konten apa pun di layar. Biarkan baterai diisi selama 30 menit, lalu coba lagi.

Tidak melihat ikon baterai atau lampu? Itu mungkin berarti baterai Anda sudah mati dan perlu diganti.

Periksa Layar
Nah kalau yang ini bisa bikin kecele. Charger tidak apa-apa, baterai tidak masalah, tapi ternyata layarnya yang rusak. Layar yang rusak dapat memberi kesan bahwa tidak ada daya.

Untungnya, mudah untuk mengetahui apakah layar Anda yang harus disalahkan. Tahan tombol Power selama 30 detik untuk memastikan ponsel Anda benar-benar menyala, lalu tunggu setidaknya dua menit untuk menyelesaikan proses booting.



Sekarang, telpon ponsel itu. Jika telepon berdering tapi tidak ada tampilan, layar Anda yang harus disalahkan.

Gunakan Komputer
Jika Anda masih tidak bisa menghidupkan perangkat Anda, Anda mungkin bisa memaksanya untuk menyala dengan menggunakan komputer.

1.Hubungkan telepon Anda ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
2.Biarkan baterai diisi selama 15 menit.
3.Lepaskan koneksi kabel dari perangkat Anda (bukan komputer).
4.Sambungkan kembali kabel dalam 10 detik setelah melepaskannya.
5.Isi daya perangkat Anda selama 30 menit.
6.Tekan dan tahan tombol power selama lima detik.
7.Tap Restart
8.Jika Anda tidak melihat Restart , tahan tombol power selama 30 detik.

Reset
Mungkin perangkat Anda akan hidup, tetapi tidak dapat melewati proses boot ke Home. Proses update yang rusak atau custom ROM bisa jadi penyebabnya. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba mereset Android.

Peringatan: Mengatur ulang ponsel atau tablet Anda akan menghapus semuanya. Pastikan Anda membuat cadangan data.

android reset

Perangkat Anda Mungkin Sudah Rusak
Jika tidak ada yang berhasil, mungkin inilah saatnya untuk menghadapi kenyataan bahwa Anda memerlukan ponsel baru.