Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Mengenal Sejarah Meme dan Bedanya Dengan Macro Image
6 Months, 5 Days ago

Mengenal Sejarah Meme dan Bedanya Dengan Macro Image

Anda pasti sudah pernah melihat yang namanya meme dalam perjalanan Anda di internet. Tetapi jika Anda tidak berpengalaman dalam budaya internet, mungkin sulit untuk menemukan penjelasan yang jelas tentang apa sebenarnya meme itu.
 
Mari kita bahas definisi meme, mengeksplorasi penggunaannya, dan melihat beberapa contoh meme.
 
Apa itu Meme?
Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kata meme tidak berasal dari internet. Bahkan, penulis Richard Dawkins pertama kali menggunakan kata itu dalam karyanya pada 1976, The Selfish Gene. Buku ini melihat evolusi dan menggunakan meme untuk mendeskripsikan ide atau perilaku yang menyebar ke seluruh orang dalam suatu budaya.
 
richard dawkins



Ketika seseorang mengatakan meme saat ini, mereka mungkin mengacu pada meme internet. Ini adalah penggunaan umum yang akan kita diskusikan di sini dan didasarkan pada penggunaan istilah itu oleh Dawkins.
 
Definisi dasar meme adalah “sebuah bentuk media, terkadang lucu, yang menyebar dengan cepat melalui internet.”
 
Dengan komunikasi layanan instan seperti Twitter, WhatsApp tidak mengherankan jika meme menyebar begitu cepat.
 
Meme vs Macro Image
Sebelum kita melanjutkan, kita harus mengetahui salah kaprah yang umum terhadap meme. Banyak orang menggunakan kata meme untuk merujuk pada gambar apa pun yang diberi teks di atasnya.
 
Sebagai contoh, ini gambar acak seorang wanita sedang membawa tas belanja dengan beberapa teks yang kami tambahkan:



macro image 
Istilah yang tepat untuk ini adalah macro image, ini bukan meme. Kenapa bukan? Karena gambar ini belum tersebar di internet. Itu hanya gambar acak yang kami buat. Jika Anda memposting ini di 1cak, Meme Comic Indonesia, atau 9gag, tidak ada yang akan mengenali formatnya.
 
Beberapa macro image adalah meme, tetapi tidak semua meme adalah macro image. Jika seseorang yang membuat macro image dan membagikannya, tidak membuatnya menjadi meme.
 
Meme baru akan terus bermunculan dan ada yang sekarat. Apa yang populer hari ini bisa basi minggu depan. Jika Anda rajin mengamati tren di Internet, Anda akan belajar mengidentifikasi tren meme terbaru.



Berikut ini adalah beberapa meme yang populer di kalangan netizen Indonesia.

meme indonesia