BERITA TERKINI

TNI Masih Terkuat di Asia Tenggara
2 Months, 4 Days ago

TNI Masih Terkuat di Asia Tenggara

Situs Global Fire Power menempatkan TNI di posisi ke-14 dalam peta kekuatan militer se-dunia. Peringkat ini turun, karena tahun 2015 lalu Indonesia ada di peringkat 12, namun kini tergeser Mesir dan Pakistan.

Pakistan saat ini terus memperkuat angkatan perangnya secara besar-besaran sebagai antisipasi ketegangan dengan India. Mereka tak mau main-main karena seterunya itu juga terus memodernisasi angkatan perangnya untuk menjadi yang terkuat di Asia. Pakistan kini ada di urutan 13 sementara India jauh di atasnya, di posisi 4.

Mesir kini menyodok ke posisi 10. Sejak beberapa tahun lalu, di bawah Presiden El-Sisi, Mesir seperti gila-gilaan belanja alutsista ke luar negeri. Revolusi di Timur Tengah mendorong junta militer Mesir terus memperkuat tentaranya dengan memborong sejumlah jet tempur canggih dan kapal perang terbaru dari Prancis.

Meskipun turun peringkat, namun Indonesia tetap menjadi yang terkuat di Asia Tenggara. TNI berada di atas Vietnam (16) dan Thailand (20). Jauh di atas Malaysia (33), Filipina (50) dan Singapura (65).

Pembangunan kekuatan TNI untuk mencapai minimum essential force dimulai saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. TNI terus memodernisasi angkatan perangnya di darat, laut dan udara.

Daftar selengkapnya bisa dilihat di www.globalfirepower.com/countries-listing.asp.

Sumber

http://www.lensaindonesia.com/2017/10/09/terhebat-se-asia-tenggara-kekuatan-tni-turun-2-peringkat-di-dunia.html
Web Analytics